Selasa, 17 September 2024
BerandadeHumanitiKutip Sajak Sapardi Djoko Damono di Konferensi PWI Kabupaten Bandung, Yosep Nugraha...

Kutip Sajak Sapardi Djoko Damono di Konferensi PWI Kabupaten Bandung, Yosep Nugraha : Jangan Merasa Jadi Orang Paling Berjasa

Dejurnal. com, Bandung – Aku dan matahari tidak bertengkar tentang siapa di antara kami yang telah menciptakan bayang-bayang, aku dan bayang-bayang tidak bertengkar tentang siapa di antara kami yang harus berjalan di depan.

Petikan jasak Sapardi Djoko Damono ini dibacakan Kepala Diskominfo Kabupaten Bandung H. Yosep Nugraha saat memberi sambutan pada acara Konferensi PWI Kabupaten Bandung, di Sekretariat PWI Kabupaten Bandung Jalan Ciloa, Soreang, Selasa (14/11/2023).

Filosifi yang Yosep tangkap dari sajak ini, jadi dalam kehidupan di dunia tidak perlu merasa orang yang paling berjasa menghasilkan sesuatu, atau merasa paling mampu melakukan sesuatu.

Sehebat apapun manusia, filosifi yang Yosep tangkap tetap ia hanya menerima kuasa dari Sang Maha Pencipta. “Jadi antara matahari, manusia, dan bayangannya itu adalah sunatullah yang diciptakan yang Maha Kuasa. Oleh karena itu seluruh insan manusia itu harus punya kesadaran bahwa dengan kekuasaan sehebat apapun, dengan kekayaan sebanyak apapun dengan popularitas apapun, tetap ia adalah hamba yang lemah, yang memiliki segalanya itu atas kodrat dan irodat Allah SWT, ” katanya.

Menurt Yosep, kesadaran itu penting agar terjadi harmonidasi dari seluruh aspek kehidupan. Yosep menganalogikan sajak tersebut. “Kan kita berjalan ada bayangan, bayang itu karena ada sinar matahari. Tapi jika si bayangan itu mengkalaim , itu bayangan saya lho, kalau tidak ada saya matahari itu tidak bisa menciptakan bayang-bayang. Tapi Si Aku ini tidak akan mampu melahirkan bayang-bayang kalau tidak ada matahari, ” terang Yosep.

Jadi, menurut Yosep semua orang punya peran masing-masing. “Sehinga inilah yang harus dibangun sinergitas tanpa harus mengklaim keakuan antara Aku dan bayang-bayang pun tidak perlu bertengkar siapa yang jalan duluan. Bayang-bayang ada di depan, di belakang atau tidak ada tidak perlu dipersoalkan, yang penting kita berbuat yang terbaik, ” pungkas Yosep. *** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI