Kamis, 25 Juli 2024
BerandadeNewsMasuk Zona Merah, Ponorogo Institute Himbau Masyarakat Tenang Serta Utamakan Prokes

Masuk Zona Merah, Ponorogo Institute Himbau Masyarakat Tenang Serta Utamakan Prokes

Dejurnal.com, Ponorogo – Adanya tren kasus positif covid-19 di Jawa Timur membuat zona merah kian meluas. kini meluas di 3 Kabupaten, yakni meliputi Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Ponorogo. Terdapat beberapa Faktor yang mempengaruhi itu, salah satu nya kurang nya kesadaran masyarakat dalam menerapkan Protokol Kesehatan dalam keseharian nya.

Kenaikan kasus positif covid-19 di jawa timur tepat nya di 3 kabupaten tersebut disorot oleh Direktur Eksekutif Ponorogo institute, Erlangga Bicky “Ini kembali pada Kesadaran individu kita masing – masing.. Pemerintah pusat sampai Kepala Daerah sudah menggencarkan kampanye Protokol Kesehatan, tapi kalau kesadaran kita masih kurang. Apa boleh buat. kalau sudah zona merah seperti ini,” jelasnya saat ditemui di kantor Ponorogo Institute.

Bahkan melihat perkembangan terbaru, Kabupaten Ponorogo masuk dalam Zona Merah, Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita dengan sigap melakukan rapat bersama Forpimda dan elemen masyarakat. ‘Bunda Rita’ sapaan akrab nya, juga menyinggung Sebab musabab zona merah di Kabupaten Ponorogo, bahwasan nya sebagian masyarakat ada yang tidak percaya COVID-19 atau capek dengan COVID-19. “Menurut saya masyarakat tidak percaya atau mungkin capek dengan namanya COVID-19. Ya hari ini mulai paham, menggunakan masker. Karena saya menemukan banyak yang tidak pakai masker,” tandas Lisdyarita.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Jawa timur, kasus kumulatif positif Covid-19 saat ini tercatat sebanyak 165.886 kasus. Dari jumlah itu, 148.100 di antaranya sembuh, 12.295 meninggal dunia dan 5.491 dirawat atau kasus aktif. “Ini menyadarkan kita bagaimana penting nya peran protokol kesehatan di keseharian kesibukan kita. Kalau sudah seperti ini yang terpenting jangan panik. Tetap tenang.. selalu utamakan protokol kesehatan dan jaga kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu Mari bersama Kita saling Melindungi dan saling Mengingatkan,” imbuh Erlangga Bicky.

Pekan lalu Provinsi Jawa Timur masih dalam zona Oranye dan Kuning. Hari ini tercatat Dari tiga Kabupaten tersebut, Bangkalan menjadi daerah dengan kasus aktif terbanyak yakni 969 kasus. Kemudian Ponorogo sebanyak 142 kasus aktif. Lalu Ngawi 90 kasus aktif.***(Muh Nurcholis)

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI