Sabtu, 27 Juli 2024
BerandadeNewsHari Ini Bupati Garut Resmikan Aula Bangga Centre dan Aplikasi Sibangga-link

Hari Ini Bupati Garut Resmikan Aula Bangga Centre dan Aplikasi Sibangga-link

Dejurnal.com, Garut – Kabupaten Garut menggelar acara Halal Bihalal, bersamaan dengan launching Aula Bangga Centre serta aplikasi Sibangga-link, yang dilaksanakan di Kantor DPPKBPPPA Garut, Jalan Terusan Pahlawan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.

Acara yang di hadir Bupati Garut, Rudy Gunawan, dan didampingi Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, Asda 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Toni Tisna Somantri, serta Ketua TP PKK Garut, Diah Kurniasari. Kamis 12 Mei 2022

Bupati Garut Rudy Gunawan, menyampaikan tentang aplikasi Sibangga-link, yang nantinya akan menjadi pusat data stunting yang didalamnya berisi nama-nama atau by name by address dari masyarakat Garut yang mengalami stunting dan di Bulan Juni nanti akan kembali melakukan penimbangan balita maupun baduta yang ada di Kabupaten Garut,

“Saya sudah punya data dan menurut survei nasional kita 35%, (sedangkan) berdasarkan data oleh kita 7%, makanya kita mau ditimbang lagi sekarang. Juni ini satu bulan diadakan bulan penimbangan, diperbaiki mengaupdate data ini,” ujar Bupati Garut.

Menurutnya, kita sama sama gerakan dan nantinya akan melibatkan semua stakeholder terkait dalam penanganan penurunan stunting di Kabupaten Garut, salah satunya yaitu tenaga kesehatan (nakes).

“Pihak kami ya semua pihak lah, dari PKK, tadi sudah mengatakan dari keluarga berencana, UPTD semuanya pokoknya ikut,” tuturnya.

Sementara yang di sampaikan Kepala Dinas PPKBPPPA Garut, Yayan Waryana, dalam paparannya mengatakan bahwa Aula Bangga Centre didalamnya berisi sebuah Hari Ini Bupati Garut Mesmikan Aula Bangga Centre dan Aplikasi Sibangga-link, yang nantinya akan dijadikan sebagai data terpadu dan terintegrasi dalam penanganan stunting.

“Kita mempunyai sebuah media center, command center, yang bisa menggerakan, mengarahkan, memantau, mengevaluasi feedback laporan dari bawah keatas maupun dari atas ke bawah secara ngelink,” katanya.

Menurut Yayan, Aplikasi Sibangga-link merupakan singkatan dari Sistem Informasi Pembangunan Keluarga, dan nantinya akan terkoneksi dengan kecamatan, sehingga akan memudahkan pelaporan jika ada penemuan kasus stunting.

Tambah Yayan, kalau nanti ada penemuan kasus-kasus tidak perlu repot-repot dari Cisewu, dari Talegong melaporkan secara manual menggunakaan kendaraan (mobil) mikro, berapa jam sampai disini.

“Dengan adanya pelayanan hotline pengaduan Sibangga-link tadi, maka semua akan bisa cepat sampai informasi, cepat penanggapan, cepat laporan, (dan) cepat pelayanan,” paparnya.

“Dengan diresmikannya Aula Bangga Centre dan Aplikasi Sibangga-link ini, Persiapan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut khususnya DPPKBPPPA untuk menghadapi Rencana Aksi Nasional Penurunan Angka Stunting (RAN PASTI).

Ungkap Yayan, kata Pak Bupati apel siap siaga pendamping keluarga nasional bergerak dan Pak Bupati di Bulan Juni (melakukan penimbangan ulang), dan kita akan mendahului tanggal 17 kita akan melakukan gerakan langsung ke warga masyarakat terutama yang tim pendamping keluarga. “Kita tidak akan duduk manis di sini tidak, saya sendiri yang akan memimpin gerakan-gerakan tersebut,” pungkas Yayan.***Tono

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI