Selasa, 28 Mei 2024
BerandadeHumanitiBudayaHari Jadi ke-383 Kabupaten Bandung, Ini Agenda Kegiatan Memperingatinya

Hari Jadi ke-383 Kabupaten Bandung, Ini Agenda Kegiatan Memperingatinya

Dejurnal.com, Bandung – Kabupaten Bandung lahir melalui Piagam Sultan Agung Mataram pada 9 Muharam tahun alif bertepatan dengan hari Sabtu, 20 april 1641 Masehi. Berdasarkan bukti-bukti sejarah yang ada, kemudian ditetapkanlah Surat Keputusan dengan nomor : SK.10:10/KPTS/DPRD/1973.

Maka, tepat tanggal 20 April 2024
Kabupaten Bandung genap berusia 383 tahun. Berbagai agenda kegiatan pun digelar dalam rangka memperingati hari jadi Dalem Bandung tersebut.

Ketua Panitia Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-383 yang juga Sekda Bandung Tjakra Amiyana menjelaskan agenda kegiatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Bandung garis besarnya dua agenda. Yakni agenda kegiatan pokok dan agenda tambahan.

Menurut Amiyana, agenda kegiatan pokok dimulai dengan gladi peringatan Hari Jadi ke-383 Kabupaten Bandung dan Hari Kartini ke-145 dan Ziarah ke Taman Makam Mantan Bupati Bandung yang digelar pada hari Rabu, 17 April 2024.

“Pada kunjungan ziarah ke makam para mantan Bupati Bandung ini, Pak Bupati mengunjungi beberapa lokasi diantaranya Taman Makam (TM) Pahlawan Cikutra, TM Dalem Kaum, TM Karang Anyar, TM Caringin (Porib) dan TM Dayeuhkolot,” ujar Sekda Tjakra Amiyana, Rabu (17/4/2024).

Sedangkan kegiatan pokok pada hari H-nya menurut Amiyana yakni Upacara Peringatan Hari Jadi ke-383 Kabupaten Bandung dan Hari Kartini ke-145 Tingkat Kabupaten Bandung Tahun 2024 dan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Bandung yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 April 2024 bertepatan dengan 383 tahun Kabupaten Bandung.

“Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-383 dipusatkan di Lapangan Upakarti, Kompleks Pemkab Bandung pada Sabtu 20 April 2024, dengan menggunakan baju adat Sunda”, terang Sekda.

Selain itu, Pemkab Bandung juga menggelar beberapa agenda kegiatan tambahan yang masih merupakan rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-383. Agenda-agenda menarik ini digelar secara terbuka bagi masyarakat Kabupaten Bandung.

Agenda kegiatan tambahan diawali dengan kegiatan Halal Bihalal yang menghadirkan penceramah kondang Ustadz Maulana Trans TV. Kemudian pada hari Kamis, 18 April 2024 juga akan digelar pertandingan eksebisi sepakbola di Stadion Si Jalak Harupat antara Forkopimda vs Para Kepala OPD.

Pada tanggal, 19 April 2024, masyarakat umum dapat berpartisipasi untuk mengikuti agenda Senam Bedas bersama Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Bunda Bedas Emma Dety Dadang Supriatna mulai pukul 07.00 pagi di Lapang Upakarti, dilanjutkan dengan Fun Bike yang dimulai pada pukul 08.00 di Plaza Upakarti.

Usai melepas peserta Fun Bike, Dadang Supriatna diagendakan Opening Ceremony kegiatan Festival Kreativitas Bandung Bedas yang berisi Job Fair, pameran dll di Areal Parkir Gedung Budaya Soreang pukul 08.30 dan membuka Gebyar Sidang Isbat Nikah Terpadu pada pukul 13.00 di Gedung Moh Toha.

Pada Sabtu, 20 April 2024 juga ada agenda menarik yakni Traditional Archery dan pertunjukan Olahraga Tradisional di Dome Bale Rame mulai pukul 08.00 hingga selesai.

Masyarakat Kabupaten Bandung juga dapat menyaksikan Karnaval Budaya Bedas yang akan menghadirkan berbagai pertunjukan dan atraksi menarik di Jalan Al Fathu Soreang pada Minggu, 21 April 2024 mulai pukul 07.30 WIB-selesai.

Selain itu, terdapat sebuah kegiatan menarik buat para milenial dan anak-anak muda yakni pertandingan e-sport dan Bazaar Olahan Ikan di Lapang Upakarti dan Traditional Archery di Dome Bale Rame.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-383 akan dipungkas pada Minggu malam dengan kegiatan Closing Bedas Ekspo dan Panggung Hiburan yang menghadirkan berbagai artis dan pengisi acara seru dan terbuka untuk masyarakat umum.*** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI