Sabtu, 5 Oktober 2024
BerandadeNewsJelang Tahapan Kampanye KPU dan Paslon Bacakan Naskah Deklarasi Damai

Jelang Tahapan Kampanye KPU dan Paslon Bacakan Naskah Deklarasi Damai

CIAMIS,- Usai Tahapan Penetapan dan Pengundian nomor urut, Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Ciamis bersama Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Ciamis, Dr. H Herdiat Sunarya dan Yana D Putra membacakan Naskah Deklarasi Kampanye Damai di Joglo KPU Ciamis, Senin (23/09/2024).

Dalam deklarasi tersebut Ketua KPU Ciamis, Oong Ramdani membacakan naskah deklarasi kampanye damai Pilkada Ciamis tahun 2024 diikuti oleh calon Bupati dan Wakil Bupati, para perwakilan partai politik pengusung, barisan tim kampanye dan para pendukung.

Adapun isi naskah deklarasi kampanye damai tersebut adalah :
Kami calon bupati dan wakil bupati, partai politik pengusung beserta tim kampanye dan para pendukung berjanji.

1. Mewujudkan pemilihan yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.
2. Melaksanakan kampanye pemilihan yang aman, tertib dan damai, berintegritas, tanpa hoax, tanpa politisasi sara dan tanpa politik uang.
3. Melaksanakan kampanye pemilihan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Usai membacakan naskah deklarasi, Oong mengatakan, pelaksanaan kampanye akan dimulai pada tanggal 25 September 2024 dan berakhir tanggal 23 November 2024.

“Tahapan kampanye nanti semoga dapat terlaksana secara tertib, aman, damai, sukses tanpa ekses,” harapnya.

Menjelang kampanye, Herdiat dan timnya akan memanfaatkan waktu kurang lebih 2 bulan untuk mensosialisasikan dan meyakinkan masyarakat untuk memilihnya.

“Target kita memang ingin mendapatkan suara sebanyak-banyaknya tapi apapun itu intinya kita berharap menang minimal 50+1,” ujarnya.

Dikatakan Herdiat terkait masyarakat yang memilih kotak kosong di Pilkada nanti dirinya tidak masalah karena itu hak masyarakat.

“Dengan memilih kotak kosong merupakan salah satu bentuk demokrasi, masyarakat dibolehkan memilih yang ada gambarnya dan tidak ada gambarnya,” ucapnya.

Herdiat menegaskan, disebuah wilayah itu harus ada pemimpinnya dan harus jelas serta nyata visi misinya.

“Pilkada ini memilih pemimpin, terserah masyarakat yang menilai mau dipimpin sama yang nyata atau dipimpin sama yang tidak ada bentuknya,” tegasnya.

Mendapat nomor urut 2, Herdiat mengaku sangat bahagia karena baginya itu merupakan simbol untuk meneruskan kepemimpinannya.

“Bahagia sekali, kita tadi mendapatkan nomor urut 2 dan menjadi simbol untuk meneruskan dua periode,” ungkapnya.

Berkaitan dengan visi misi, Herdiat mengatakan visinya memajukan Ciamis dengan berkelanjutan. Ada 5 program atau misi diantaranya meningkatkan SDM, meningkatkan perekonomian, menguatkan pendidikan dan keagamaan, meningkatkan dan memperbaiki sarana prasarana.

“Intinya kita meneruskan pembangunan baik fisik maupun non fisik yang belum terselesaikan,” ucapnya.

Menjabat pada periode 2019-2024 sebagai Bupati Ciamis, Herdiat mengatakan secara umum visi misinya pada tahun tersebut hampir terealisasi namun ada kekurangan yaitu mengurangi angka kemiskinan dan angka pengangguran.

“Sebenarnya kekurangan itu sudah turun, tetapi belum signifikan,” katanya.

Herdiat mengajak semua elemen untuk terus solid dan kompak.

“Nanti kita akan melaksanakan pertemuan dengan para pimpinan partai dan kadernya, melakukan konsolidasi baik internal maupun eksternal partai,” ungkapnya. (Nay)**

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI