Sabtu, 5 Oktober 2024
BerandadeNewsGalakkan Pertanian Ramah Lingkungan DPKP Ciamis Gelar Penyuluhan

Galakkan Pertanian Ramah Lingkungan DPKP Ciamis Gelar Penyuluhan

CIAMIS,- Dalam rangka mensosialisasikan pupuk organik dan pertanian ramah lingkungan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Ciamis menyelenggarakan penyuluhan bersama para aktivis organik di kabupaten Ciamis dengan menghadirkan pakar pertanian organik Alik Sutaryat, di Aula DPKP Ciamis. Selasa (01/10/2024)

Kepala Dinas PKP Ciamis, Slamet Budi Wibowo mengatakan, pihaknya telah mengundang kurang lebih 100 orang aktivis pertanian organik unruk mengikuti penyuluhan.

Foto:Kadis PKP Saat Di Wawancarai Awak Media Terakit Sosialisasi Pupuk Organik
Foto:Kadis PKP Saat Di Wawancarai Awak Media Terakit Sosialisasi Pupuk Organik

“Sebenarnya kegiatan ini selain membekali ilmu tentang pertanian organik juga untuk ajang silaturahmi karena ternyata pelaku petani organik di Ciamis itu banyak,” katanya.

Slamet menjelaskan selain penyuluhan tentang pupuk organik di Ciamis juga akan dikembangkan sistem pertanian yang ramah lingkungan. Dengan narasumber pakar Pertanian Organik yang sudah diakui kehebatannya si kancah Nasional yaitu Ir. Alik Sutaryat.

“Kita akan merubah pola pertanian ke jaman sebelumnya dimana tidak banyak penggunaan bahan kimia atau pestisida dengan ilmu dari Pak Alik yang namanya sudah tersohor ke seluruh Indonesia juga ke luar negeri, beliau itu sekarang berkomitmen mau membesarkan Ciamis tidak hanya pupuk lah intinya pertanian berbasis ekosistem alami seperti semula lagi,” jelasnya.

Slamet mengungkapkan pemikiran dan keinginan para aktivis penggiat pertanian ramah lingkungan sama yaitu tentang ditiadakannya pupuk subsidi dimana pupuk tersebut ternyata banyak negatifnya untuk kesehatan, dengan beralih ke pupuk organik.

“Para pelaku aktivis pertanian ramah lingkungan sudah cukup lama ya menginginkan stop memakai pupuk subsidi tapi sampai saat ini belum bisa karena masih ada beberapa petani yang sangat tergantung dengan pupuk subsidi,” ungkapnya.

Menurut Slamet, Dinas PKP Kana memfasilitasi penyuluhan dan ilmu tentang pertanian ramah lingkungan tapi tetap harus dimulai dari lingkungan pribadi petani itu sendiri dengan melakukan keswadayaan mandiri.

“Kelemahan di kita tuh kan petani bisa dibilang jarang mengamatilah perkembangan lahan pertaniannya apakah maju atau mengalami kerugian seadanya saja begitu, seharusnya petani mengolah dan memperhatikan serta mengawasi lahan dan hasil pertaniannya sendiri dulu lalu nati berembuk bersama-sama mencari solusi,” ujarnya.

Kabupaten Ciamis akan memulai program yang diberi nama sepah lapang dalam konteks pertanian ramah lingkungan dengan salah satu mata pelajarannya dari olahan sampai panen ada pengamatan.
“Pengamatan diperlukan untuk mengetahui pendidikan petani dalam pengolahan lahan pertaniannya,” jelasnya.

“Bersama dengan Pak Alik kita buat program Sistem Keamanan Sawah (Siskamwah) artinya petani itu sendiri buat sifat yang sering mengamati sawahnya masing-masing jika ada gejala apa nanti diskusi bareng-bareng,” tambahnya.

Banyak hal yang terselamatkan dengan pola pertanian organik mulai dari segi kesehatan dan dai segi bisnis.

“Dari segi kesehatan manusia ya contohnya kita sudah lama menggunakan bahan-bahan kimia baik pupuk maupun pestisida nih kita mengkonsumsi makanan yang mengandung residu yang sangat membahayakan dengan penyakit regenerasi dan metabolik gagal ginjal jantung kanker nah dengan pertanian organik maka akan berkurang,” paparnya.

“Dari segi bisnis petani bisa memproduksi sendiri pupuk, obat-obatan nabatinya jadi mengirit ongkos apalagi petani beras karena harga beras organik tidak mengacu pada harga Bulog jadi mau dijual berapapun bebas,” tambahnya.

Slamet berharap para petani menggalakkan pertanian ramah lingkungan organik di Ciamis ini karena potensinya sangat menjanjikan.

“Bisnis pertanian ini sangat menjanjikan selama dunia ini belum kiamat ya selama masih ada manusia semua butuh makan artinya itu menjanjikan dengan bahan baku makanan organik lebih sehat dan menghasilkan untung yang banyak maka para petani juga akan makmur,” pungkasnya. (Nay)**

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI