Jumat, 17 Mei 2024
BerandadeBisnisP3A Mitra Cai dan Petani Lakukan Perbaikan Saluran Air Kabupaten

P3A Mitra Cai dan Petani Lakukan Perbaikan Saluran Air Kabupaten

Dejurnal.com

Kegiatan kerjabakti secara gotong royong membersihkan lingkungan sekitar merupakan barang langka dijaman sekarang ini. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk sebagian daerah atau wilayah. Salah satunya di Desa Sumbersari kecamatan Ciparay.

Desa Sumbersari kecamatan Ciparay merupakan daerah perkotaan yang sebagian besar wilayahnya lahan pertanian, sehingga sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai petani.

Salah satu permasalahan klasik pertanian adalah kurangnya ketersediaan air pada musim kemarau dan over kapasitasnya air pada musim penghujan seperti sekarang ini.

Untuk mengatasi hal tersebut p3A mitra cai / ulu ulu desa bersama sama dengan para petani desa Sumbersari membersihkan saluran air/ selokan sepanjang 10 km.

Menurut ketua p3A mitra cai desa Sumbersari, yang juga sebagai ketua RW 04 Ayub Permana menuturkan kepada DEJURNAL.COM bahwa kegiatan tersebut dilandasi keprihatinan p3A mitra cai melihat kondisi saluran air/ selokan yang tidak di urus secara ofimal selama kurang lebih 4 tahun padahal saluran air tersebut dapat mengairi sawah lebih dari 2500 ha. Saluran air tersebut merupakan milik kabupaten Bandung. Tambahnya.


​Masih menurut Ayub Permana kegiatan membersihkan saluran air / selokan tersebut berlangsung selama seminggu dan setiap harinya kurang lebih 65 orang petani ikut membantu secara bergiliran.

Ayub Permana mengungkapkan secara geografis desa Sumbersari merupakan desa yang sebagian besarnya adalah sawah, dengan saluran air yang bersih dari sampah maka pola bercocok tanam tidak saja dilakukan pada musim penghujan saja tetapi. Pada musim kemarau juga bisa dilakukan. Sehingga predikat desa Sumbersari sebagai daerah penghasil padi/ beras kabupaten Bandung terjaga, yang akan bermuara kepada peningkatan ekonomi bagi para petani.***

Taryana Budiman

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI