Jumat, 24 Mei 2024
BerandadeNewsSae'ul Huda, Rutilahu Bukan Seperti Bedah Rumah di TV

Sae’ul Huda, Rutilahu Bukan Seperti Bedah Rumah di TV

Sae’ul Huda, Kepala Desa Cigondewah Hilir, Kec. Margaasih


Dejurnal com, Bandung — Bayangan warga yang mendapat program rumah layak huni (rutilahu), yaitu rumah dibongkar semua, dan dibangun menjadi baru. Hal ini terjadi di Desa Cigonewah Hilir,. Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung.

Dikatakan kepala desanya, Saeu’l Huda, di Desa Cigondewah Hilir tahun ini ada 7 warga yang mendapatkan rutilahu.

“Ada 7 rumah warga yang mendapatkan rutilahu. Tahun sebelumnya 5 unit rutilahu. Jadi ada tambahan. Demikian pula nilainya. Kalau tahun sekarang Rp 17’juta, sebelumnya Rp 15 juta. Hanya saja masih ada dalam bayangan warga rutilahu itu seperti bedah rumah di acara TV, rumah dibongkar semua. Padahal kan tidak begitu,” tutur Sae’ul.

Ia menambahkan, bisa saja dibongkar semua tapi harus ada swadaya. “Bisa semua dibongkar, tapi mereka itu sebelumnya punya tabungan, atau banyak saudara, ada swadaya lah untuk membantu. Kalau bongkar semua, lalu mengharap bantuan ke desa tidak bisa. Kan rutilahu di sini dikelola BumDes,” tutur Sae’ul di kantornya, Selasa (4/2/2020).

Selain masalah tersebut yang harus dipahami warga, tentang nila bantuan rutilahu Rp.17’juta itu bukan berbentuk uang tunai, tapi berupa matrrial. “Matrial yang telah kerja sama dengan BumDes mengirim matrial yang dibutuhkan,” kata Sae’ul. ***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI