Selasa, 16 Juli 2024
BerandadeNewsGebyar Vaksin Panumbangan Capai Target, Kini IPJI Ciamis Usulkan 5.000 Dosis Vaksin

Gebyar Vaksin Panumbangan Capai Target, Kini IPJI Ciamis Usulkan 5.000 Dosis Vaksin

Dejurnal.com, Ciamis – Dalam rangka mendukung capaian vaksinasi di wilayah Kabupaten Ciamis dan percepatan herd immunity,juga menekan laju pertumbuhan wabah covid 19,ikatan penulis jurnalis indoneaia IPJI Ciamis menggelar gebyar pemberian vaksinasi untuk masyarakat umum.

Gebyar vaksinasi kali ini dilaksanakan di Aula Desa/Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Propinsi Jawa Barat, Kamis (23/9/2021) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten , Polres dan Dandim 0613 Ciamis.

Camat Panumbangan, Asep Khalid Fajar dalam sambuttannya banyak terimakasih dan apresiasi sekali atas gebyar kegiatan pemberian vaksinasi yang digagas oleh temen insan pers yang tergabung dalam organisasi wartawan IPJI Ciamis.

“Ini sangat membantu, walau di hari yang sama di wilayah kami saat ini sama sedang melakukan pemberian vaksin, namun vaksin yang ke dua di daerah Desa Medanglayang,” paparnya.

Disampaikan Asep Khalid Fajar, target capaian vaksin di Kecamatan Panumbangan ini sekitar lima puluh lima ribu dua ratusan (55.200) dan warga yang harus divaksin dan sampai saat ini baru mencapai 35% (prosenan).

“Sehingga dengan adanya digelar pemberian vaksin oleh IPJI dan Dinas Kesehatan pada hari ini tentu ini sangat membantu Muspika Kecamatan Panumbangan dalam capaian vaksinasi,” katanya.

Kepala Desa Panumbangan, Dedi Supiadi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sangat membantu warganya yang memang masih memerlukan dan banyak yang belum divaksin.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran jurnalis dan pengurus yang tergabung dalam organisasi DPC IPJI Ciamis.

“Mudah – mudahan kegiatan pemberian vaksinasi di wilayahnya ini berjalan dengan lancar dan sesuai harapan semua pihak. Harapannya masyarakat Desa Panumbangan terbebas dari virus Covid-19,” harapnya.

Menurutnya, ini merupakan kegiatan yang luar biasa positif. “Satu sisi, jurnalis biasanya mencari berita, namun dalam hal ini mau melaksanakan/menyukseskan gebyar vaksinasi yang sedang digencarkan oleh pemerintah pusat, khususnya Desa Panumbangan mengapresiasi penuh,” ungkapnya.

IPJI Ciamis Siap Lakukan “Road Show” Pemberian Vaksin ke Beberapa Wilayah

Dalam sambutannya, Heru Pramono selaku Sekertaris (Sekjen) mewakili Ketua Umum DPC IPJI Kabupaten Ciamis Arif Ma”ruf mengucapkan rasa syukur dan terimakasih kepada seluruh jajaran Muspika Kecamatan Panumbangan yang sudah siap menjadi tempat gelaran pemberian vaksin terlebih masyarakat Desa Panumbangan.

“Ini merupakan kegiatan perdana bagi IPJI, Dan kami sudah siap akan Road Show pemberian vaksin kebeberapa daerah di wilayah Ciamis,” ujarnya.

Tak luput pula, Heru mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada Tenaga Kesehatan (Nakes) dalam hal ini Nakes Panumbangan dibantu dari tim Nakes Kecamatan Sukamatri dan Panjalu yang sudah membantu jalannya penyuntikan vaksin.

Pemberian vaksin Covid 19 yang pertama ini merupakan sinergisitas organisasi media yang ada di Kabupaten Ciamis dengan Pemerintah Kabupaten Ciamis, Polres dan Dandim 0613 Ciamis.

“Kami akan terus selalu komunikasi dengan Muspika Kabupaten Ciamis ini demi cepatnya capaian target pemberian vaksin di Ciamis,” tuturnya.

Masih dari Heru, untuk menuntaskan gerakan pemberian vaksin ini adalah tugas kita bersama atau semua pihak termasuk masyarakat itu sendiri, sudah harus siap untuk di vaksin. “Mari kita sukseskan gebyar pemberian vaksin di Ciamis,” serunya.

Lebih lanjut Heru mengungkapkan, pelaksanaan gebyar pemberian vaksinasi ini merupakan wujud nyata upaya para jurnalis yang tergabung dalam naungan organisasi IPJI Ciamis untuk mendukung program pemerintah dalam percepatan pemberian vaksinasi covid 19.

“Sehingga dengan pelaksanaan vaksinasi herd immunity masyarakat Ciamis nantinya menjadi kuat, Kesehatan Pulih Ekonomi Bangkit,” katanya.

Heru mengajak kepada seluruh masyarakat untuk ikut serta menyukseskan program vaksinasi guna memberi kekebalan tubuh. “Ayo kita lakukan vaksin guna percepatan herd immunity.”

Heru berpesan, bagi masyarakat yang sudah di vaksin, agar tetap selalu menerapkan protokol kesehatan hal tersebut bentuk ikhtiar dalam pencegahan Covid-19. “Seperti selalu menjalankan 5M ; Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Membatasi Mobilitas dan Menghindari Kerumunan,” pesannya.

Butuh Sekitaran 5000 Vaksin.

Sementara itu Ketua DPC IPJI Kabupaten Ciamis Arif Ma’ruf akhir kegiatan saat diwawancarai awak media mengatakan, ternyata antusias warga dalam vaksin ini tampaknya sangat besar untuk di vaksin.

Terbukti semula di Desa Panumbangan ini data awal hanya masuk kisaran dua ratus enam puluhan, namun kenyataannya Alhamdulillah warga yang ikut vaksin mencapai 362 orang. Bahkan, pemberian vaksin ini pun di ikuti dari luar desa dan Kecamatan Panumbangan.

Disebutkan Arif Ma”ruf, setelah beberapa hari ini IPJI sudah membuka komunikasi dengan beberapa wilayah, alhamdulillah untuk waktu dekat ini pun sudah ada yang mengusulkan kebutuhan vaksin sebanyak lima ribu (5000) vaksin dan ini sudah siap by name by addres sebagaimana diinformasikan ke beberapa daerah di tingkat kecamatan ataupun desa.

“Dalam dekat ini pun, kami sudah harus akan menyelenggarakan pemberian vaksin ini di Desa Sindangsari dan sekitarnya Kecamatan Cikoneng, Desa Giri Mukti, Kecamatan Cisaga, bahkan di daerah Kecamatan Sadanaya sudah siap mengikuti vaksin ini sebanyak 1500 warga yang sudah akan siap divaksin. Dan ini masih banyak lagi,” tuturnya.

“Kami IPJI usai rapat kordinasi dengan Pemda dan Kapolres si ruang Oproom Setda Ciamis Kamis (16/9/2021) kemarin, Jum”at berikutnya, kami dari IPJI langsung mengadakan rapat dengan seluruh pengurus dan jajaran IPJI. Dan hasil kesepakatan bersama, kami IPJI siap bersinergi demi menyukseskan gebyar vaksin di Ciamis. Untuk itu, pihaknya berharap Pemda atau Polres agar bisa saling membantu demi lancarnya gebyar vaksin yang sedang digelorakan ini,” pintanya.

Pada kegiatan tersebut pun selain memberikan vaksin ke ratusan warga, IPJI juga memberikan bantuan berupa beras 5 kg, meski menurutnya ini tidak semua, mengingat keterbatasan. “Yang terpenting, selain kami membantu program pemerintah juga dapat membantu kalangan masyarakat yang benar membutuhkan,” tutupnya.

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI