Senin, 24 Juni 2024
BerandaGerbangDesaPemdes Cikaroya Dinilai Tak Serius Tangani Pembuang Sampah Sembarangan

Pemdes Cikaroya Dinilai Tak Serius Tangani Pembuang Sampah Sembarangan

Dejurnal.com, Cianjur – Pemerintahan Desa Cikaroya dinilai tidak serius menangani permasalahan pembuangan sampah di ruas jalan perbatasan Cilaku- Warungkondang. Pasalnya, tumpukan sampah terlihat di ruas jalan tersebut.

Setelah ada pihak yang melaporkan keberadaan tumpukan sampah itu ke Dinas Lingkungan Hidup dalam hal ini Bidang pengelolaan sampah dan limbah barulah tumpukan sampah tersebut diangkut untuk kemudian di buang ke tempat semestinya, Selasa (30/11/2021)

Di konfirmasi melalui sambungan aplikasi perpesanan Sekretaris Desa Cikaroya (Lukman) membenarkan ada penumpukan di jalan KH. Ahmad Munawar Cikaroya Warungkondang akan tetapi sudah diangkut oleh petugas sampah dari Dinas Lingkungan Hidup, tutur Lukman sambil memberitahu kalau kepala desa lagi sakit

Selanjutnya Sekdes Lukman menambahkan bahwa pihaknya sudah berupaya menertibkan oknum warga yang membuang sampah sembarangan.

“Tidak mungkin kita terus-terusan menjaga tempat itu, bekerja sama dengan Karang taruna kita memagari tempat itu agar kedepanya kejadian serupa tidak terulang lagi ” tutur Lukman.

Tapi sayang upaya Pemerintah Desa seperti yang di ungkapkan Sekdes tidak berbanding lurus dengan fakta di lapangan, pantauan dejurnal.com di lokasi tidak nampak pemagaran atau pun plakat pemberitahuan jangan buang sampah di sini seperti yang diungkapkan Sekdes, malah di lokasi masih terlihat sampah baru yang bisa berpotensi terjadi lagi penumpukan sampah

Sementara, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur Neneng Rostiantie, SH mengatakan, masalah sampah adalah tanggung jawab kita semua, akan tetapi kitalah yang mengelola sampah di bantu warga, bersama warga kita berupaya menjaga kebersihan lingkungan adapun masalah sampah di suatu Desa itu tanggung jawab Pemerintahan Desa setempat.

“Untuk menjaga permasalahan sampah kembali ke desanya masing-masing harusnya upayakan ada kerja sama dengan Dinas LH, ” pungkas Neneng.***(Ril/Ark)

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI