Senin, 24 Juni 2024
BerandaGerbangDesaSosialisasi Penanganan Banjir DAS Kalikalapa Desa Wadas Teluk Jambe Timur

Sosialisasi Penanganan Banjir DAS Kalikalapa Desa Wadas Teluk Jambe Timur

Dejurnal.com, Karawang – Bertempat di Aula desa Wadas Teluk Jambe Timur, dilaksanakan sosialisasi penanganan banjir DAS sungai Kalikalapa, dalam kegiatan ini di hadiri oleh Pemerintahan Desa Wadas Para Mahasiswa Fakultas Fisip,Eka Yuliana Dosen Fisip Universitas Singaperbangsa Karawang ,Dinas PUPR bidang SDA (Sumber Daya Air) dan BPBD kabupaten Karawang, Kamis (11/11/2021).

Penangan banjir DAS sungai Kalikalapa didesa wadas teluk jambe timur akan terus dilakukan oleh pemerintah Desa Wadas, hal ini dikatakan oleh Kepala Desa Wadas Teluk Jambe Timur, H Junaedi (Jujun) yang mengatakan bahwa pihaknya terus mengupayakan dan memaksa kepada Pemerintah Daerah TK II Karawang agar secepatnya menangani banjir yang diperkirakan akan melanda kembali Desa Wadas dan sekitarnya.

“Pemerintah Desa Wadas akan terus mengupayakan penanganan terjadinya banjir, terlebih disaat musim hujan seperti ini,” ujarnya.

Rabudi Priyana, Kasie Perencanaan Teknis Sumber Daya Air Dinas PUPR Kabupaten Karawang, dalam paparannya mengatakan, setiap tahun jika intensitas curah hujan cukup tinggi terlebih setelah naiknya debit air sungai citarum dan cibeet maka debit air di kalikalapa Wadas teluk jambe timur pun airnya meluap sehingga mengaikbatkan banjir yang sering menggenangi desa Wadas Teluk Jambe Timur Karawang.

“Secara tekhnis rencana penanganan dan penanggulangan banjir yang sering terjadi di Desa Wadas kami dari Dinas PUPR terus melakukan normalisasi saluran air dengan pengerukan saluran air dan membuat bronjongan untuk penanggulangan sementara” ujar Kasie Perencanaan tekhnis SDA PUPR.

Ia pun menjelaskan bahwa pigaknya telah beberapa kali melakukan rapat dengan perwakilan dari perusahaan dan membicarakan benerapa hal terkait penanganan banjir di desa wadas, dalam rapat dihasilkan beberapa kesepakatan yaitu pihak kawasan KIIC, kJIE dan Pertiwi Lestari mempunyai tugas untuk menormalisasi saluran air, Pengerjaannya sudah diakukan dari bulan Juli – Agustus oleh pemerintah maupun dari pihak kawasan.

“Memang masih ada pihak perusahaan yang belum melaksanakan tugasnya, kami pastikan akan segera menegur pihak yang belum merealisasikan tugasnya” pungkas Rabudi Priyana.***Gd/Rf

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI