Kamis, 23 Mei 2024
BerandadeNewsKepala Desa dan LPM Sayangkan Adanya Berita Pembangunan Boronjong

Kepala Desa dan LPM Sayangkan Adanya Berita Pembangunan Boronjong

Dejurnal.com, Pangandaran – Beredar adanya pemberitaan pekerjaan beronjong di Desa Ciganjeng yang saat ini tengah ramai bahkan meluas ke medos, Wakil Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat ( LPM ) Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Edi Suhendi Karta Wijaya, Kamis (19/05/2022) di kediamannya kepada media mengatakan, pihaknya menyayangkan ada pemberitaan yang menurutnya ngawur, karena wartawan seperti tidak ke lokasi atau melakukan cek and ricek terlebih dahulu ke lapangan.

“Harusnya wartawan menguji informasi paling tidak konfirmasi ke lingkungan atau pemerintah desa setempat, karena jika begini di khawatirkan bisa berdampak menghambat terhadap pembangunan di desa/lingkungan kami,” ungkapnya.

Menurutnya, kami tidak merasa dirugikan dengan adanya pembangunan pekerjaan tersebut, malah sangat terbantu karena memang bantuan/pekerjaan tersebut itu sangat kami butuhkan. Sejatinya pembangunan ini dulunya usulan warga kami dan pemerintah desa, kurang lebih satu tahun yang lalu saat turun hujan deras, air sungai masuk ke rumah warga/banjir.

“Kami disini masyarakat sangat mendukung bahkan berterima kasih sekali kepada pemerintah melalui BBWS Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy yang sudah merealisasikan pembangunan tersebut, karena ini sangat dibutuhkan sekali oleh warga kami. Bahkan saking senangnya warga ada pembangunan tersebut pun turut memberi makanan dan minuman ke pekerja disitu,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Edi Suhendi meminta kepada BBWS Citanduy jangan merasa takut dengan adanya pemberitaan yang menurutnya ngawur itu. Jangan menjadi penghalang dalam memberikan bantuan atau pekerjaan kelak ke depan di kami,” pintanya.

Dirinya menegaskan, warga kami kondusip, mendukung sekali terhadap pembangunan seperti itu. Abaikan saja jika misal ada pemberitaan yang sepihak itu, kenyataan warga kami baik dan kondusip – kondusip saja,” ulangnya.

Disinggung benar tidaknya pekerjaan tidak sesuai spesifikasi pekerjaan pemasangan beronjong, dirinya mengatakan, jika hal itu dirinya tidak tahu persis bagaimana yang di maksud pemasangan beronjong sesuai spesifikasi.

“Hanya saja setelah dirinya menelaah dan nanya – nanya ke yang lain mengenai material berupa batu yang di pasang kontraktor itu batu dari Tasik/luar daerah kami kata lain kategori batunya bagus,” ujarnya.

Selanjutnya, mengenai kawat beronjong yang dipakai pada pekerjaan tersebut, dirinya lihat persis kalau beronjongnya itu SNI. Kontraktor ngambil langsung dari BBWS Citanduy mengingat syarat pengambilannya itu harus ada surat permohonan dari Pemerintah Desa setempat guna meminta permohonan bantuan kawat beronjong. “Dan pekerjaan ini hanya berjarak kurang lebih sepuluh meter (10 Meter) dari rumahnya dan di pastikan beronjong SNI,” ungkapnya.

Di tempat terpisah Kepala Desa Ciganjeng Imang Wardiman Jum’at (20/05/2022) menyayangkan adanya pemberitaan pembangunan beronjong di Desa Ciganjeng sebelumnya tidak ada wartawan yang mengkonfirmasi terlebih dahulu ke kami/desa.

“Dengan adanya pemberitaan tersebut, sebagai kepala desa dan perangkat desa sangat menyayangkan ada berita yang sebelumnya tidak konfirmasi terlebih dahulu ke desa wartawannya,” ungkapnya.

Dikhawatirkan dengan adanya berita seperti itu, ke depan jika akan datang bantuan ke desa kami di batalkan. Karena proyek – proyek seperti itu kami sangat membutuhkan. “Alhamdulillah masyarakat banyak yang mengucapkan terima kasih, juga turut mendukung akan program tersebut,” tambahnya.

Dikatakan Imang, kontraktor sebelum hendak mengerjakan pekerjaan beronjong sudah datang ke desa guna menyampaikan akan ada pekerjaan pemasangan beronjong dari BBWS Citanduy. “Dan kami pun Pemerintah Desa pada waktu itu harus melayangkan surat permohonan bantuan kawat beronjong ke BBWS Citanduy sebanyak 120 unit. Itupun sudah diketahui kami pihak rekanan dan akan ada pekerjaan pemasangan beronjong tersebut dari BBWS Citanduy,” katanya.

Dirinya berharap, pemerintah desa di tahun yang akan datang atau di tahun sekarang Desa Ciganjeng mendapatkan proyek yang telah sudah diajukan. Karena di kami masih banyak juga bantuan pekerjaan, seperti pekerjaan untuk penanganan erosi sungai, penanggulangan banjir, longsor dan lain – lain. “Jangan sampai terganjal gara – gara ada masalah pemberitaan yang kurang tepat itu,”harapnya.***Jepri Tio

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI