Selasa, 28 Mei 2024
BerandadeNewsTahun Ini 867 Orang Garut Calon Jemaah Haji Dipastikan Berangkat ke Tanah...

Tahun Ini 867 Orang Garut Calon Jemaah Haji Dipastikan Berangkat ke Tanah Suci

Dejurnal.com, Garut – Bersamaan dengan datangnya hari raya idul fitri 1443 H, warga Kabupaten Garut yang akan melaksanakan ibadah haji bisa bersyukur dan gembira. Pasalnya setelah tertunda selama dua tahun karena pandemi, tahun ini bisa dipastikan pemberangkatan bagi jemaah haji asal Indonesia diperkirakan sekitar 100.052 jemaah dan petugas sekitar 1901 petugas.

Keputusan tersebut sebagaimana hasil rapat kerja Kantor Kementrian Agama Republik Indonesia Kabupaten Garut dengan Para Pengurus Kelompok Bimbingan Haji Indonesia ( KBHI ) Garut di Aula Kantor Kemenag RI Kabupaten Garut. dalam hal tersebut dihadiri Asda I Pemda Kabupaten Garut, Kepala Kantor Kemenag RI dan Kepala Bidang Haji Kabupaten Garut, Ketua dan pengurus yang tergabung Forum KBHI Kabupaten Garut.

Koordinator FKBHI Kabupaten Garut Aceng Noval mengucapkan rasa syukur atas keputusan tersebut.

“Ya Alhamdulillah, kita telah membahas persiapan rencana pemberangkatan para jemaah haji asal Kabupaten Garut yang tahun ini, Insyallah berangkat ke tanah suci, untuk itu kita perlu adanya sebuah kordinasi demi kelancara para jemaah haji yang akan berangkat dan kembali, ya baik itu urusan administrasi dan tekhnis.

“Dan dalam kesempatan ini juga saya atas nama pribadi dan keluarga serta pengurus jajaran FKBHI mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H, mohon maaf lahir dan batin” Jelasnya.

Kepala Kantor Kemenag RI Kabupaten Garut, H. Cece Hidayat mengatakan, pihaknya atas nama Kepala Kantor beserta Jajaran Staff / Pegawai dari Kementerian Agama RI Kabupaten Garut, mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Mohon Maaf Lahir Batin.

Ditanya mensoal Pemberangkatan Para Jemaah Haji, alhamdulillah pada musim haji tahun ini walau kondisi Pandemi Covid -19 ini pada umumnya belum normal, masih dalam suasana pandemik Covid-19. Sehingga kuota yang diberikan Pemerintah Arab hanya 100.051 ribu orang atau sekitar 40 %.

“Sehingga sangat berdampak kepada jumlah Kuota Jemaah Asal Kabupaten Garut dipastikan tahun ini berangkat hanya 867 orang pada 4 Juni 2022,” ujarnya, Senin (2/5/2022).

Menurut Cece, dari jumlah pendaftar sampai bulan Maret 2022 diperkirakan 35.817 orang dengan waiting list 19 tahun, jumlah batal porsi sampai April 2022 ada 748 orang, dan jumlah batal lunas 15 serta jemaah yang lunas tahun 2020 saja hampir 1.9151 orang, serta usia diatas 65 orang.

“Kita berdoa mudah-mudahan tahun yang akan datang sudah normal sehingga kuota Garut kembali normal 1.900 orang, dan bagi Para Jemaah Haji yang tahun ini berangkat, menjalankan serangkaian ibadah haji dengan penuh ketenangan, senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan sampai kembali ke Garut dan jadi Haji yang mabrur,” pungkasnya.***Yohaness

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI