Jumat, 17 Mei 2024
BerandadeBisnisKetahanan Pangan dan Hewan Desa Ciherang, Fokus Pada Tanam Sayuran

Ketahanan Pangan dan Hewan Desa Ciherang, Fokus Pada Tanam Sayuran

Dejurnal.com, Cianjur – Ketahanan Pangan dan Hewani Tahun Anggaran 2022 Desa Ciherang Kec. Pacet Kab. Cianjur di Fokuskan untuk mendanai kegiatan Bertani Sayuran di Sesuaikan dengan kontur Tanah serta Iklim Desa Ciherang yang dingin, di samping permintaan Penerima Manfa’at (Poktan) yang terbiasa bercocok tanam Sayuran

Program Ketahanan Pangan dan Hewani Tahun Anggaran 2022, Dana nya di ambil dari Dana Desa sebesar 20% dari total Perolehan Dana Desa Tahun Anggaran 2022, Selasa (12/07/2022).

Menurut Kepala Desa Ciherang Asep Haryadi, fokus program ketahanan pangan dan hewani kepada sayuran.

” Gini Kang, untuk Program Ketahanan Pangan dan Hewani di Desa Kami (Desa Ciherang) itu lebih di fokuskan kepada bertanam Sayuran, diantaranya Sayuran Kembang Kol, Cabai dan jenis sayuran lain nya di sesuaikan dengan Permintaan Penerima Manfa’at keahlian nya rata-rata di bidang Tani Sayuran, kami siapkan 50.000 bibit Sayuran untuk 50 Penerima manfa’at, berarti satu KPM mendapat seribu bibit sayuran, itu di tahap ke satu ya Kang,” tegasnya kepada dejurnal.com melalui aplikasi perpesanan.

Saat di singgung adakah alokasi untuk sumber protein Hewani, Kades Asep pun kembali melanjutkan penegasannya.

“Untuk sumber Protein Hewani Kami alokasikan untuk berternak Kelinci itu pun tidak terlalu banyak, seperti saya utarakan dari awal fokus di Sayuran, terus terang permintaan pasar untuk sayuran itu Prospek ke depannya menjanjikan, supaya hasil sayurannya bagus Petani fokus dengan pekerjaannya Biar TPK yang mencari pasarnya,” tegasnya.

Kades Asep menegaskan bahwa program ini untuk memberdayakan petani kecil.

“Gini Kang untuk Program ini saya berdayakan para Petani kecil yang tidak Pernah mendapat bantuan dari manapun termasuk Pemerintah, kalau Kelompok Tani besar sudah terbiasa mendapat bantuan, maka nya untuk hal ini saya rangkul para Petani kecil agar mereka bisa mandiri dan kuat sesuai dengan Program Pemerintah Pusat dalam Program Peningkatan Ekonomi Nasional (PEN), harapan Kami semua program ini sukses dan bermanfa’at untuk Masyarakat Khususnya Warga Desa Ciherang,” pungkasnya.***(Ark)

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI