Minggu, 5 Mei 2024
BerandadeHumanitiHajat Lembur Mulakeudeu, DKKG : Perhatian Pemerintah Terhadap Kampung Budaya Belum Signifikan

Hajat Lembur Mulakeudeu, DKKG : Perhatian Pemerintah Terhadap Kampung Budaya Belum Signifikan

Dejurnal.com, Garut – Gelaran Ngawuwuh (Hajat Lembur) Sawindu Kampung Mulakeudeu, Desa Sukalaksana Kecamatan Sucinaraja, telah selesai dilaksanakan
Acara yang dilaksanakan kali ke delapan ini terbilang cukup sukses karena tidak terlepas dari perjuangan manusia unggulan yang ada di Kampung Mulakeudeu.

Kendati demikian, ada hal yang mengganjal Ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut (DKKG) Kang Jiwan yang menyayangkan kurangnya peranan pemerintah dalam penyelenggaraan Festival Ngawuwuh Hajat Lembur Sawindu.

“Kampung Mulakeudeu ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata dan sudah memiliki Surat Keputusan (SK) dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, namun perhatian pemerintah belum terasa signifikan,” katanya kepada dejurnal.com saat ditemui di Sekretariat DKKG, Jumat (18/11/2022).

Oleh karena itu, lanjut Kang Jiwan, DKKG mendorong agar pemerintah memberikan fasilitas untuk pembangunan desa wisata berbasis budaya, karena sudah sangat memenuhi syarat dari faktor penunjangnya seperti adanya situs makam yang dikeramatkan, ritual khusus yang terus dijaga pelestariannya, naskah kuno serta tradisi yang tetap kental didalam kehidupan masyarakat,

“Kegiatan Hajat Lembur Kampung Mulakeudeu yang mampu terselenggara sampai ke sewindu merupakan bukti nyata masyarakat Kampung Mulakeudeu memiliki kapasistas sebagai kampung budaya,” tandasnya.

Lanjut Kang Jiwan, Kampung Mulakeudeu menantikan pengembangan yang lebih baik lagi agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, setelah adanya tempat wisata di Kampung Mulakeudeu yang dikenal dengan Kampung Seribu Dongeng. “Masih banyak aspek yang harus diperbaiki oleh pemerintah, mulai dari pemerintah tingkat desa sampai tingkat kabupaten,” katanya.

Kang Jiwan berharap melalui festival ini, pemerintah bisa turut membantu, memperbaiki dan mengembangkan Desa Wisata Mulakeudeu melalui program desa wisata berbasis budaya.

“Kita tunggu janji pemerintah terkait hal itu untuk lebih memberikan manfaat bagi masyarakat Kampung Mulakeudeu,” tutupnya. ***Raesha

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI