Minggu, 5 Mei 2024
BerandadeHumanitiOpiniKitaSejak 2009, Pascasarjana IPI Garut Telah Menyiapkan SDM Untuk Kurikulum Merdeka

Sejak 2009, Pascasarjana IPI Garut Telah Menyiapkan SDM Untuk Kurikulum Merdeka

Oleh : Apar Rustam Ependi *)

Perubahan sosial yang begitu sangat dinamis menjadi ancaman, tantangan, peluang dan potensi bagi perguruan tinggi sebagai Lembaga Penyedia Pendidik dan Tenaga Kependidikan, tak terkecuali bagi STKIP/IPI Garut.

Pendidikan, sebagai salah satu aspek sosial kehidupan juga terdampak oleh perubahan sosial dewasa ini. Bergantinya kurikulum ke kurikulum merupakan salah satu jawaban atas dinamika yang terjadi pada aspek pendidikan.

IPI Garut sangatlah peka dalam membaca ancaman, tantangan, potensi bahkan sekaligus peluang dari perubahan kebijakan pendidikan nasional. Sejak 2009, IPI Garut telah membuka program Teknologi Pendidikan pada Pascasarjana.

Lima kawasan pendidikan yang menjadi konsen program teknologi pendidikan di IPI Garut menjadi jawaban dari IPI terhadap ancaman, tantangan, peluang dan potensi dari dinamika kebijakan kurikulum dewasa ini.

Kawasan desain yang disuguhkan IPI Garut mengajak para guru agar memiliki kemampuan dalam merencanakan pembelajaran. Perencanaan akan sangat menentukan berhasil tidaknya suatu kegiatan. IPI Garut melalui pembelajaran di Pascasarjana Program tekpen membekali para guru agar tidak asal asalan dalam membuat perencanaan. Paradigma student center menjadi fokus utama yang disuguhkan oleh Tekpen IPI Garut. Kekinian, Kemendikbud ristek mempersyaratkan bahwa perencanaan yang dibuat para guru senantiasa harus berbasis data.

Kawasan pemanfaatan yang disuguhkan Tekpen IPI Garut mempersiapkan SDM pendidik/guru agar memiliki kemampuan memanfaatkan aplikasi aplikasi atau platform platform yang ada dalam mewujudkan pembelajaran yang berkualitas. Kawasan pemanfaatan mengajak guru agar senantiasa dinamis terhadap perubahan kebijakan pendidikan yang mengiringi masyarakat masuk di era masyarakat digitalisasi.

Kawasan pengembangan mengajak para civitas pendidikan agar mampu merancang, mengembangkan dan menghasilkan produk media pembelajaran. Tekpen IPI Garut mengajak para civitas pendidikan agar memiliki kemampuan menggunakan berbagai aplikasi dalam rangka pengembangan media pembelajaran.

Kawasan penilaian yang disuguhkan Tekpen IPI Garut bermaksud membekali para civitas pendidikan agar memiliki kemampuan dalam mengukur, menilai dan memperbaik perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan Bapak/ibu guru secara holistik. Objek penilaian yang diharapkan Kemendikbudritek dapat dilaksanakan secara holistik baik pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor, tentu beriringan dengan kompetensi penilaian yang ditanamkan tekpen IPI Garut kepada para mahasiswa nya.

Kawasan terakhir yang disuguhkan Pascasarjana Tekpen IPI Garut adalah membekali para mahasiswa agar memiliki kemampuan dalam hal pengelolaan pendidikan. Rumusan visi, misi, tujuan, program dan kegiatan satuan pendidikan merupakan salah satu kompetensi yang dibekali oleh Tekpen IPI Garut. Para mahasiswa dibekali dengan kemampuan manajemen dalam mengelola 8 SNP dalam rangka mewujudkan visi dan misi satuan pendidikan.

Kekinian, Kemendikbudristek menghendaki para pengelola pendidikan memiliki perencanaan sekolah secara hirarkis dan kontinyu, yang memuat perencanaan 4 tahunan, perencanaan tahunan dan perencanaan anggaran kegiatan yang didasarkan pada hasil analisis berbagai data untuk mewujudkan layanan pendidikan yang berkualitas.

Inilah alasan alasan penulis untuk berani menyatakan bahwa Pascasarjana Teknologi Pendidikan IPI Garut, telah mempersiapkan para mahasiswanya/ para alumni dalam merespon, mengadaptasi, mengadopsi dan melaksanakan Kurikulum Merdeka. Wallahu ‘alam.(*)

*) Penulis merupakan Alumni Pascasarjana Tekpen IPI Garut Angkatan Pertama dan Ketua Segi Kabupaten Garut.

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI