Kamis, 2 Mei 2024
BerandadeEdukasiTumbuhkembangkan LiterasiLeksam Bedas - Disdik Gelar Workshop

Tumbuhkembangkan Literasi
Leksam Bedas – Disdik Gelar Workshop

Dejurnal.com, Bandung – Leksam Bedas bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung menggelar Workshop bertema “Menumbuhkembangkan Karakter Literasi dan Tantangan Literasi Tahun 2023 Bersama Leksam Bedas. “

Workshop yang dibuka oleh Kasi Pembinaan dan Pengembangan SD Disdik Kabupaten Bandung H. Amim Meruatna Subhan ini berlangsung selama tiga hari, 15-17 November 2022 di Sukajadi Hotel and Galery Bandung. Selain membuka workshop, H. Amim juga sekaligus memberi arahan dan motivasi agar literasi makin memasyarakat .

Ketua Leksam Bedas Hj.Euis Hasanah menyampaikan terimakasih kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung atas kerjasama yang telah terjalin dalam pelaksanaan Workshop Literasi ini.

Menurutnya, dalam workshop ini peserta
tidak hanya mendapat teori, tetapi praktik meriviu buku yang nantinya menghasilkan produk. Hal ini bertujuan agar para guru lebih termotivasi , kreatif dan aktif dalam berliterasi.

Salah satu nara sumber Agus Nurjaman mengatakan, dengan memancing dan melatih keahlian, tidak hanya dilakukan oleh guru tetapi mengajak siswa juga di sekolah untuk bisa menghasilkan produk yang bagus ke depannya dapat dikumpulkan dan dibuat menjadi sebuah buku kumpulan hasil mereka. “Misalnya membuat sebuah buku antologi bekerjasama dengan penerbit. Hal ini dapat memotivasi siswa dan guru agar lebih produktif dan mempunyai kebanggan karena telah menghasilkan sebuah karya. Ke depannya dapat membuahkan hasil berupa materi dari kegiatan berliterasi ini ” terang nya.

Kepala Disdik Kabupaten Bandung H. Ruli Hadiana mengatakan pelaksanaan Workshop yang tidak hanya teori, tetapi melakukan praktik dan menghasilkan produk ini sangat sesuai dengan di lapangan, khususnya sekolah -sekolah.

” Semoga produk yang dihasilkan oleh guru selama workshop berlangsung dapat mendukung program Disdik Kabupaten Bandung dalam menyukseskan program Bupati Bandung, Pak Dadang Supriatna menuju Bandung Bedas atau Bangkit Edukatif Dinamis Agamis dan Sejahtera, ” ucap Ruli Hadiana di sela-sela workshop.

Ketua Pelaksana Hidawati dan salah satu panitia yang juga Koordinator SD di Leksam Bedas Sumarni menyebutkan peserta workshop sebanyak 62 orang. Yakni dua orang perwakilan, satu guru dan satu kepala sekolah dari setiap kecamatan se-Kabupaten Bandung. Sedangkan narasumber sebanyak lima orang.

Sumarni berharap dengan kegiatan Workshop semua elemen pendidikan lebih terbuka lagi tentang literasi. “Ke depannya diharapkan budaya membaca di masyarakat lebih meningkat, ” katanya.

Salah seorang peserta workshop, Yetti Sadiyanti sangat mengapresiasi Disdik Kabupaten Bandung dengan kegiatan Workshop Literasi ini, dan menyampaikan terimakasih. Ia berharap kegiatan seperti ini lebih sering dilaksanakan.

“Alhamdulillah kami antusias dan tidak merasa bosan dalam setiap sesi kegiatan karena workshop dilakukan tidak hanya belajar secara teori tapi kami diajak untuk bermain dan langsung praktik yang menghasilkan produk, ” ujar Yeti. ***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI