Sabtu, 18 Mei 2024
BerandadeEdukasiHarga Perlengkapan di SMK PPN Sumedang Hampir Capai Rp 1,5 Juta/Siswa, Orang...

Harga Perlengkapan di SMK PPN Sumedang Hampir Capai Rp 1,5 Juta/Siswa, Orang Tua Keberatan : Ini Bisnis Siapa?

Dejurnal.com, Sumedang – Beberapa orang tua siswa Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri (SMK PPN) Tanjungsari Kabupaten Sumedang, mengeluhkan besaran harga perlengkapan sekolah yang harus dibeli orang tua untuk keperluan anaknya senilai total Rp 1.490.000.

Informasi yang diterima dejurnal.com, perlengkapan sekolah senilai Rp 1.490.000 terdiri dari 4 set seragam olahraga, seragam praktik, seragam drill, topi dan peci, pangkat dan papan nama, ikat pinggang, jas almamater, cangkul, gunting stek, arit, sepatu booth dan sepatu pdh.

Saat dikonfirmasi, Kepala SMK PPN Hj. Lilis Mulyati, M.Pd didampingi Wakasek Kesiswaan Yosef mengaku bahwa seragam dan peralatan yang akan dipergunakan siswa bukan pihak sekolah yang menjual. “Bukan pihak sekolah yang menjualnya tapi penyedia dan bayarnyapun bisa dicicil,” akunya Kepala SMK PPN, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (20/9/2023).

Hal senada disampaikan Wakasek Kesiswaan, Yosef, namun ketika ditanyakan siapa penyedia yang dimaksud,  pihak sekolah tidak secara jelas memberikan jawaban, karena penyedia itu bisa jadi per orangan atau bisa dari PT atau CV.

Salah satu pengawas SMK di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat disaat diminta tanggapannya terkait hal ini menandaskan bahwa sekolah tidak boleh melakulan penjualan perlengkapan sekolah siswa, namun jika ada penyedia atau pihak ketiga dibolehkan.

“Namun tentunya penyedia itu harus jelas, apakah memiliki SBU untuk jadi penyedia barang dan jasa untuk perlengkapan sekolah atau tidak,” tandasnya.***Deri Acong

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI