Minggu, 5 Mei 2024
BerandadeEdukasiSDN Cingcin 01 Gelar Karya dan Kreativitas P5, Kabid SD : Sesuai...

SDN Cingcin 01 Gelar Karya dan Kreativitas P5, Kabid SD : Sesuai Visi Misi Bupati Bandung

Dejurnal.com, Bandung – SDN Cingcin 01 Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung mengadakan acara Gelar Karya & Kreativitas Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SDN Cingcin 01 Tahun 2023, Selasa (28/11/2023).

Acara yang bertema “Melalui Kreativitas dan Kaya Peserta Didik, Kita Pupiuk Jiwa Bhineka Tunggal Ika dan Kearifan Lokal Sejak Dini” ini diapresiasi Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, Dian Dihanudin yang hadir pada acara tersebut.

“Kegiatan ini menjadi kebanggaan bagi kami di Dinas Pendidikan, karena SD Cingcin 01 ini bisa menyelenggarakan kegiatan yang sesuai dengan visi misi Bupati Bandung yaitu dalam penguatan muatan lokal, ” kata Dian.

Program muatan lokal Bupati Bandung itu kata Dian ada 3, dimana , projek penguatan
Pelajar Pancasila ini merupakan program Bupati Bandung yang pertama ,yaitu peningkatan pendidikan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Gelar kreativitas seni dan membuat olahan makanan tradisional, mudah-mudahan kreativitas seperti ini diikuti oleh sekolah-sekolah yang lainnya,
dan ini baru di SD Cingcin. SD Cingcin ini merupakan standar Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, ” ujar Dian.

Kepala SDN Cingcin 01 Hj. Nuryati Suryani M.Pd mengatakan, kegiatan ini sudah dipeogtamkan sebelumnha olelh sekolah yaitu pelaksanaan Program Profil Pelajar Pancaasila.

Tema yang pertama, kata Hj. Nuryati Suryani untuk kelas atas tentang kearifan lokal dan untuk kelas bawah tentang bhineka tunggal Ika.

“Mengusung tema tersebut karena menginginkan apa yang kita pelajari memliki arti juga buat anak-anak, seban dengan mengusung tema Bhineka tTunggal Iika l, walaupun kita memiliki perbedaan baik itu datangnya dari keluarga lingkungan , pendiidikan , agama dan yang lainnya tetap kita saling menghormati, ” kata Hj. Nuryati Suryani.

Yanh edua, kata Hj. Nuryati mengusung tema kearifan lokal, ” Agar kita itu paham akan keragaman budaya Sunda. Makanan-makanan tradisipnal yangvsudah terlupakan diangatkan kembali dengan Bhineka Tuklnggak Ika dan kearifan lokal bisa menumbuhkan karakter anak, ” pungkas Hj. Nuryati Suryani. ** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI