Selasa, 18 Juni 2024
BerandadeBisnisPLN Siapkan Infrastruktur Terintegrasi untuk Smart City di IKN Nusantara

PLN Siapkan Infrastruktur Terintegrasi untuk Smart City di IKN Nusantara

Dejurnal.com, Jakarta – Ibu Kota Negara, 6 Juni 2024 – PT PLN (Persero) resmi mengumumkan pembangunan PLN Hub di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. PLN Hub ini akan menjadi pusat ekosistem transisi energi dan digitalisasi terbesar di Indonesia. Melalui subholding PLN Icon Plus, PLN siap mengembangkan jaringan telekomunikasi di kawasan IKN.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, menyatakan bahwa PLN Hub akan mengintegrasikan seluruh ekosistem kelistrikan di IKN, mendukung pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) yang dirancang oleh pemerintah di kawasan tersebut.

“PLN Hub akan sangat membantu pengoperasian pusat data nasional di IKN. Infrastruktur telekomunikasi dan digital akan diwujudkan melalui PLN Hub ini,” ujar Budi Arie.

Budi Arie juga menekankan peran strategis PLN Hub dalam mendukung pengembangan jaringan 5G di IKN. Pasokan listrik yang stabil dari PLN Hub akan memastikan jaringan 5G dapat beroperasi optimal, menghadirkan konektivitas digital yang handal.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyampaikan terima kasih kepada pemerintah atas kepercayaan yang diberikan kepada PLN untuk mendukung pengembangan IKN. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden atas arahan, bimbingan, dan kepercayaan untuk menerjemahkan visi masa depan IKN yang modern, futuristik, dan hijau dari sudut pandang ketenagalistrikan. Kami juga mendapat penugasan untuk mendukung data center,” lanjut Darmawan.

Darmawan menjelaskan bahwa PLN Hub akan menjadi pusat telekomunikasi, selain menjadi pusat energi baru terbarukan. Melalui subholding PLN Icon Plus, PLN akan membangun infrastruktur fiber optik untuk telekomunikasi di IKN, memastikan integrasi dengan infrastruktur ketenagalistrikan.

“PLN Hub ini juga menjadi hub telekomunikasi. Infrastruktur fiber optik dibangun kokoh di bawah MUT (Multi Utility Tunnel), menjadi bagian tak terpisahkan dari infrastruktur kelistrikan,” tambah Darmawan.

Dalam pembangunan PLN Hub, konsep yang digunakan adalah Green, Smart, and Beautiful, dengan melibatkan arsitek terbaik bangsa. “Kami pastikan PLN Hub akan menjadi episentrum research and development, kolaborasi bisnis, teknologi, dan pendidikan yang mendukung IKN serta transisi energi di Indonesia,” ujar Darmawan.

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, menegaskan komitmen PLN Icon Plus dalam mendukung pembangunan ketenagalistrikan berkelanjutan di IKN. “Sistem ketenagalistrikan dan telekomunikasi ini dibangun terintegrasi dengan teknologi terbaru, mendukung ekosistem green, smart, dan beautiful di IKN,” ujarnya.

Sistem telekomunikasi digital dan jalur fiber optik yang dibangun akan mendukung PLN dan pengguna telekomunikasi di IKN, termasuk pemerintah, bisnis, rumah tangga, dan operator seluler, memastikan IKN terkoneksi secara digital. PLN Hub akan berfungsi sebagai pusat pengendali sistem kelistrikan dan digital center yang dibangun dengan keandalan tinggi.

Otorita IKN juga telah memberikan hak perlintasan jaringan fiber optik kepada PLN Icon Plus berdasarkan Keputusan Kepala Otorita IKN No. 52 Tahun 2003, memungkinkan penyediaan layanan fixed broadband, mobile broadband, dan konektivitas pusat data di IKN. Dengan ini, PLN Icon Plus berhak menyediakan dan mengelola sistem telekomunikasi digital dan jalur fiber optik untuk memastikan kawasan IKN terkoneksi secara digital.

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI