Jumat, 18 Oktober 2024
BerandadeEdukasiDi Acara Hari Lingkungan, Buku Pustaka Pohon Karya Eyang Memet Diluncurkan

Di Acara Hari Lingkungan, Buku Pustaka Pohon Karya Eyang Memet Diluncurkan

Dejurnal.com, Bandung – “Pustaka Pohon” , adalah judul buku karya tokoh pegiat lingkungan Kabupaten Bandung, Eyang Memet dilanunching pada acara Jambore Lingkungan dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia tingkat Kabupaten Bandung yang digelar di Gedong Budaya Soreang, Rabu (17 Juli 2024).

Menurut Eyang Memet, buku tersebut terinspirasi ketika ia menerima keluhan dari beberapa pihak terutama anak-anak mahasiswa, para aktivis lingkungan yang ingin mengetahui kekayaan keanekargaman hayati mereka kesulitan.

” Memang ada beberapa ekspedisi pemerintah melakukan kajian ke beberapa taman nasional. Kalau dalam satu minggu bisa dapat 50 pohon itu sudah bagus. Karena yang sudah ditanam di hamparan yang sudah begitu luas dengan sekian jenis pohon butuh waktu dan tenaga, ” tutur Eyang Memet seusai acara.

Buku tersebut menurut Eyang Memet mencatat pohon yang sudah dirinya tanam.
“Tadinya hanya mencatat sebagai alat dokumentasi, sebagai data bash, tapi terinpirasi untuk dibikin buku. Ternyata responnya cukup bagus dari beberapa perguruan tinggi, ” katanya.

Setiap pohon yang ditanam sudah masuk dalam buku tersebut . Namun, jika dalam buku tersebut ada seratus jenis pohon, tapi jenis pohon yang ditanam sudah 136. “Kenapa demikian? Karena 6 bulan kemudian saya janji harus ada progres menanam 100 jenis pohon lagi, ” katanya.

Dari 100 jenis pohon dalam buku itu, kata Eyang Memet di antaranya Pohon Hantap, Jalupang, Tanggulun, Teuleng, Pohon Gadog, dan yang lainnya. ” Sebetulnya pohon endemik Kabupaten Bandung itu banyak, misalkan tanaman yang identik dengan identitas Kang DS, karena biliau tinggal di Ciganitri maka ada pohon Ganitri. Kemudian waktu menanam pohon Hantap, karena mau bertahan dan mantap. Itu contohnya, ” pungkas Eyang Memet. * Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI