Jumat, 17 Mei 2024
BerandadeEdukasiDedi Sutardi : Disdikbud Terbitkan Buku Kearifan Budaya Lokal Kab. Bandung

Dedi Sutardi : Disdikbud Terbitkan Buku Kearifan Budaya Lokal Kab. Bandung

deJURNAL.com (Kab.Bandung).- Kepala Bidang Sejarah dan Purbakala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung,Dedi Sutardi,mengatakan, dalam tahun anggaran 2016 pihaknya menerbitkan 5 judul buku yang mengangkat tema tentang kearifan budaya lokal Kabupaten Bandung. Kelima judul buku tersebut antara lain, Salumar Carita Tradisional, Melacak Jejak Abah Dalang, Panggung Seni Dina Surup Wanci, Kawasan Cagar Budaya di Kabupaten Bandung, dan Jelajah Sudut Kampung.

“Buku tersebut disebarkan ke seluruh sekolah di Kabupaten Bandung melalui UPTD. Jadi untuk tahun anggaran 2016 kita sudah merealisasikannya.” Ujar Dedi kepada deJURNAL.com di ruang kerjanya belum lama ini.

Menurutnya, kalau berbicara masalah budaya setidaknya ada tujuh komponen atau tujuh sistem. Sistem mata pencaharian, sistem ekonomi, sistem kesenian, sistem bahasa, sistem sosial, sistem pengetahuan,dan sistem teknologi.

“Yang kita sentuh tentunya yang nampak dipermukaan dan ada sumber-sumber dari tokoh masyarakat yang bisa digali kemudian di himpun dan di bentuk sebuah buku. Kemudian buku tersebut disebarkan ke seluruh sekolah tingkat dasar dan menengah yang ada di Kabupaten Bandung,sebagai penerima manfaat.” Tukasnya.

Pemkab Bandung,lanjut Dedi, berupaya menggalakkan supaya budaya-budaya lokal Kabupaten Bandung itu digali,dikaji, dilestarikan, yang selanjutnya diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Sesuai dengan motto Pemerintah Kabupaten Bandung ‘sabilulungan’ maka bidang-bidang budaya itu kalau bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Karena dalam kontek budaya lokal ini banyak memiliki nilai-nilai kearifan, sehingga apabila diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari akan membentuk karakter masyarakat Kabupaten Bandung yang maju,mandiri,dan berdaya saing,yang salahsatunya berlandaskan budaya lokal, tidak budaya eksternal. Kan gitu!” Tandas Dedi.(Lili Guntur/deJURNAL.com)***

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI