Sabtu, 18 Mei 2024
BerandadeNewsKarang Taruna Kedunghilir Cianjur Daur Ulang Sampah Jadi Paving Blok

Karang Taruna Kedunghilir Cianjur Daur Ulang Sampah Jadi Paving Blok

Dejurnal.com, Cianjur – Pemuda Karang Taruna Rt 01/03 Kampung Kedung Hilir. Desa Sukamanah Kec. Cugenang Kab.Cianjur ramai-ramai memungut sampah dari rumah warga yang jumlahnya ada 95 KK.

Anggota Karang Taruna tersebut berjumlah ada 20 orang, dari kegiatan tersebut setiap snggota mempunyai pekerjaan masing-masing dari mulai pengambilan sampah sampai memproduksinya.
Sampah tersebut lalu di pilah, sampah plastiknya di daur ulang menjadi paving blok.

Ketua Karang Taruna Faried mengatakan, kami dan snggota mengumpulkan sampah dari warga setiap hari, alhasil jadi volume membuangan sampah ke TPA berkurang.

“Berdiri tanggal 06 september 2019, di sini kami aktif salah satunya di bidang pengelolaan sampah, yang mana sampah itu kami memungut dari rumh warga di kampung kami,” ujarnya.

Tidak sampai di situ saja, lanjutnya, kami di sini mendaur ulang juga sampah plastik menjadi paving blok, karena gerakan kami ini berhubungan dengan lingkungan.

Faried menghimbau kepada Pemerintah memohon kepada dinas terkait supaya memberikan bantuan kepada kami dalam bidang apapun khususnya dana buat beli peralatan pengelolaan sampah plastik ini.

Bagaimana cara membuat paving blok dari sampah? Ketua Karang Taruna ini memberikan sedikit bocoran.

“1 kg plastik di godok hingga larut/ancur/lebur lalu di masukan dalam cetakan terus di press, terakhir di dinginkan maka jadilah paving blok,” pungkas Faried.***(Ahmad Latif)

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI