Senin, 20 Mei 2024
BerandadeNewsPemerintah Desa Ibun Kecamatan Ibun Selenggarakan Musrenbang

Pemerintah Desa Ibun Kecamatan Ibun Selenggarakan Musrenbang

Dejurnal.com – Bandung

Pemerintah Desa Ibun Kecamatan Ibun melaksanakan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang ) tingkat desa yang diselenggarakan di Gor Desa Ibun, Kamis( 23/1/2020).

Dalam musrenbang tersebut para pesertanya terdiri dari Petugas Puskesmas Ibun, BPD/ LPMD, Para kepala SD, SMP, SMA, para ketua RW dan RT, PKK desa, kader desa, kelompok tani, karang taruna serta tokoh masyarakat dan tokoh agama serta stakeholder terkait yang ada di Desa Ibun.

Seusai kegiatan musrenbang Kades Ibun H. Undang Sumarna SE, yang didampingi sekdes Irwan Kustiwan mengutarakan, bahwa kegiatan musrenbang tahun 2020 ini untuk merumuskan usulan rencana pembangunan yang tidak tercover oleh anggaran desa baik itu adpd, bangub, maupun dana desa.

” Jadi usulan pembangunan yang di musyawarahkan kali ini untuk pengajuan ke OPD Pemkab Bandung yang akan direalisasikan di tahun 2021.” terangnya

Masih menurut H. Undang Sumarna, beberapa usulan rencana pembangunan yang menjadi daftar skala prioritas yaitu pembangunan bidang fisik meliputi pembangunan jalan, tpt, drainase , kirmir, ruang kelas baru / rehab kelas dan lain sebagainya.

Sedangkan, untuk pembangunan bidang ekonomi, Kata H. Undang, yaitu peningkatan perekononian masyarakat melalui usaha mikro, kecil dan menengah ( umkm) dan pelatihan pelatihan.

Lebih lanjut Kades Ibun H.Undang Sumarna SE, mengatakan, untuk usulan pembangunan bidang sosial yaitu pemberian bantuan bagi kaum disabilitas yang ada di Desa Ibun.

Diakhir pembicaraan Kades Ibun berharap, semoga dengan adanya musrenbangdes ini, usulan perencanaan pembangunan yang menjadi daftar skala prioritas dapat direalisasikan Pemkab Bandung di tahun 2021.

Sementara itu ketua tim musrenbang Kecamatan Ibun Deden Zaenal Arifin SH, MMP.d mengatakan, dari tahun ke tahun pelaksanaan musrenbang desa di wilayah Kecamatan Ibun semakin maju dan asfiratif.

“Hal tersebut karena kesadaran berbagai stakeholder terkait dalam mengikuti kegiatan musrenbang dan memberikan usulan perencanaan pembangunan untuk di wilayah masing masing”. Tuturnya.

” Dalam pengajuan usulan rencana kegiatan pembangunan tersebut, sebaiknya harus selaras, singkron serta sinergi dengan visi dan misi pemerintahan Desa Ibun di bawah pimpinan Kades Ibun H. Undang Sumarna dan visi dan misi dari Pemkab Bandung di bawah pimpinan Bupati Dadang .M. Nasser SH, SIp, M.IPol. tegas Deden.

Deden berharap semoga usulan rencana pembangunan dari Desa Ibun dapat terealisasi di tahun yang akan datang. Pungkasnya***

Taryana Budiman

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI