Jumat, 19 Juli 2024
BerandadeNewsCSR Manggis, Masyarakat Jamali Kademangan Akan Audiensikan ke DPRD Cianjur

CSR Manggis, Masyarakat Jamali Kademangan Akan Audiensikan ke DPRD Cianjur

Dejurnal.com, Cianjur – Belum adanya kejelasan tentang persoalan Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Peternakan Ayam Manggis (PAM), akhirnya masyarakat sekitar Peternakan Ayam Manggis di Desa Jamali dan Kademangan bersepakat untuk membawa persoalan CSR ini ke DPRD Kabupaten Cianjur.

“Untuk keperluan tersebut, masyarakat Desa Jamali dan Kademangan akan membentuk Forum Masyarakat Terdampak Peternakan Ayam Manggis (FMTPAM) Kecamatan Mande,” tandas salah satu tokoh Desa Jamali, Saepuloh kepada dejurnal.com, Jumat (13/12/2019).

Saepuloh menjelaskan bahwa langkah audiensi dengan DPRD Cianjur adalah langkah yang tepat, karena DPRD sebagai perwakilan rakyat untuk menerima segala bentuk aspirasi masyarakat.

“Persoalan CSR ini sudah berlarut-larut dan hanya menjadi saling sangka dan saling tuding di antara masyarakat sehingga membuat tidak nyaman dan kondusif, oleh karena itu sekarang ini saatnya untuk dibuka sejelas-jelasnya,” ungkapnya.

Menurut Saepuloh, selama berdiri dan puluhan tahun berusaha, peternakan ayam manggis tak pernah membuat MoU atau kesepakatan dengan warga sekitar yang terdampak.

“Manajemen manggis hanya memberikan ala kadarnya saja kepada warga, padahal dampak dari adanya kandang ayam ini sangat terasa,” tandasnya.

Oleh karena itu, lanjut Saepuloh, sudah saatnya masyarakat Jamali dan Kademangan mempertanyakan serta meminta hak CSR kepada peternakan ayam manggis.

“Satu-satunya jalan yaa kita audiensi di DPRD, agar pihak pemerintah Kabupaten Cianjur pun ikut memperhatikan masyarakat sekitar kandang manggis, jika perlu kita bongkar perijinannya,” pungkasnya.***Rach/Iw/Ris

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI