Senin, 20 Mei 2024
BerandadeNewsRatusan Massa Demo Depan Star Energy, Pertanyakan Kebijakan Bonus Produksi

Ratusan Massa Demo Depan Star Energy, Pertanyakan Kebijakan Bonus Produksi

Dejurnal.com, Garut – Berbagai elemen masyarakat yang tergabung dari berbagai LSM dan Ormas berunjuk rasa serta menutup jalan akses menuju Star Energy guna mempertanyakan kebijakan pengelolan panas bumi di kawasan Darajat Kabupaten Garut, Senin (20/1/2020).

Pantauan dejurnal.com, massa yang menghadang di depan pintu arah masuk Perusahaan Star Energy, terdiri dari LSM GARIS, LSM NAGA dan PARADE TAUHID SUKMA serta FUI.

Dalam orasinya Ketua DPD LSM Gerakan Reformis Islam (GARIS) Ceng Iwa mengatakan bahwa pihaknya akan memperjuangkan kepentingan masyarakat karena selama ini kebijakan perusahaan tidak berpihak kepada masyarakat dan hanya mementingkan oknum para pejabat.

“Ini adalah aksi kita yang pertama sehingga kami hanya menurunkan sekitar 300 masa, namun jika hari ini kami tidak di terima oleh perwakilan perusahaan maka kami akan lakukan aksi yang lebih besar dan akan masuk secara paksa,” tandas Ceng Iwa

Imbas dari tidak di akomodirnya aspirasi oleh pihak Star Energy, peserta aksi lakukan penutupan mobil-mobil operasional yang masuk .

Sementara menurut Korlap Aksi menginstruksikan sholat dzhur berjamaah namun aksi akan terus dilakukan selesai sholat dzhur.

“Aksi akan terus dilakukan sampai kita diterima dan didengarkan aspirasi kami,” Pungkasnya.

Sementara informasi yang dihimpun dejurnal.com, pengalokasian bantuan keuangan yang bersumber dari Bonus Produksi Panas Bumi kepada Pemerintahan Desa ditetapkan berdasarkan Keputusan Bupati Garut Nomor : 143/KEP. 751- DPMD/ 2019, dan Perbup Nomor 111 Pasal 4 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pemberian dan Pertanggungjawaban Bantuan Keuangan Kepada Desa bersumber dari Bonus Produksi Panas Bumi.

Gabungan ormas dan LSM tersebut melakukan unjuk rasa karena menduga ada oknum pejabat yang memanfaatkan bonus produksi untuk kepentingan pribadi.***Yohannes

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI