Sabtu, 18 Mei 2024
BerandadeNewsKades Ciudian Ajak Masyarakat Sadar Lingkungan Melalui PDT

Kades Ciudian Ajak Masyarakat Sadar Lingkungan Melalui PDT

dejurnal.com,Garut – Sejak Pandemi Covid-19 terjadi dinegeri ini, begitu sangat terasa dampaknya, khususnya bagi masyarakat kecil yang sekedar hanya untuk mencari sesuap nasi demi menapkahi keluarga berakibat kecemasan transmisi lokal Virus Corona. Apalagi sekarang untuk masuk ke Kota Besar dimana sebagian masyarakat Desa tempat mereka mengais rezeki telah banyak dikunci dengan berbagai aturan Standar Protokol Kesehatan dan akhirnya menjadi beban Desa, walau digenjot dengan berbagai realokasi stimulus fiskal perekonomiannya.

Dalam Adaptasi Tatanan Hidup Baru Paska Pandemi Covid-19 atau dalam istilah The New Normal ini, harus bisa menghadapi situasi kondisi masyarakat melalui dua penguatan dari Pemerintah. Penguatan Pembangunan Desa untuk kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dan Penguatan Kesehatan Masyarakat. Salah satunya yang telah dilakukan oleh Desa Ciudian Kecamatan Singajaya Kabupaten Garut.

Yedi Cahyadi selaku Kepala Desa Ciudian selepas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Garut mengatakan kepada Dejurnal. Com. Senin 29/06/2020.

” Saya selaku Kepala Desa menyadari hal kondisi Warga Desa bukanlah penduduk yang kebal Virus, dimana mereka harus tetap menyangga kehidupan keluarga, maka sebagian warga masyarakat yang tadinya biasa keluar kota. Dalam kondisi yang serba sulit akibat Pandemi ini maka kewajiban Pemerintah Desa harus memberikan solusi yang tepat guna, selama keberadaan mereka diam dan tinggal di Desa, sampai ada jaminan kepastian Pandemi Covid -19 berlalu dari Pemerintah Pusat “. Jelasnya.

Melihat kondisi tersebut Desa dipacu untuk tetap memutarkan sendi-sendi perekonomi, sebagai bahan penyangga kehidupan warga masyarakat agar tidak terhenti. Dikatakan Kepala Desa Ciudian lebih lanjut kepada Dejurnal. Com.

” Untuk menjaga dua komponen krusial tersebut yaitu memperkuat Sendi – Sendi Perekonomian melalui PKTD, Penguatan Kesehatan Masyarakat Desa didalam mencegahan penyebaran dan memutus mata rantai Covid -19 melalui kerjasama dengan Relawan Desa Lawan Covid -19, Pendamping yang ada di desa, tokoh masyarakat, karang taruna, PKK, Kader Desa, dan seluruh elemen masyarakat Desa Ciudian “. Tegas Yedi.

Yedi Cahyadi menuturkan lebih lanjut ” Alhamdulillah di Desa kami semangat gotong royong masih kuat, sehingga tampak dalam kegiatan Padat Karya tiap Dusun, seperti yang telah dilakukan perbaikan saluran irgasi, yang mengaliri Dusun Satu dan Dua lokasi di Kampung Ciudian, Dusun Tiga kegiatan fokus di Jalan Desa Kampung Bongkel, untuk kegiatan Dusun Empat Pengerukan di Kampung Cibogo. Yah.. sesulit apapun kalau kita lakukan secara bersama – sama akan terasa mudah, intinya sendi – sendi perekonomian tetap harus berjalan tetap waspada, dan selalu membiasakan diri untuk menjaga kesehatan baik fisik atau lingkungan. karena sehat itu begitu mahal, dalam kesempatan ini saya selaku Kepala Desa Ciudian untuk itu saya mengajak masyarakat agar sadar lingkungan dan kesehatan masyarakat “. Pungkasnya.***Yohaness.

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI