Selasa, 16 Juli 2024
BerandadePrajaPj. Bupati Purwakarta Dorong Pengembangan Durian Ikuti Kesuksesan Buah Manggis

Pj. Bupati Purwakarta Dorong Pengembangan Durian Ikuti Kesuksesan Buah Manggis

Dejurnal.com, Purwakarta – Pengembangan buah Durian sebagai komoditas andalan baru dan bernilai eknomis tinggi setelah kesuksesan buah Manggis yang menembus pasar internasional mendapatkan perhatian dan dukungan penuh Penjabat (Pj) Bupati Purwakarta, Benni Irwan.

Melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta, Rudi Hartono, Pj Bupati meminta jajaran Dispangtan Purwakarta dan dinas terkait untuk terus mengembangkan berbagai komoditas pertanian yang unggul dan potensial sehingga bisa bersaing di pasar nasional dan internasional.

“Kesuksesan komoditas Manggis Wanayasa menembus pasar internasional menjadi inspirasi yang sangat kuat bagi Purwakarta untuk mengembangkan komoditas dari sektor lain sehingga bisa menembus pasar nasional bahkan pasar internasional,” kata Rudi.

Rudi mengatakan, Pj Bupati telah memberikan arahan kepada berbagai instansi terkait dilingkungan Pemkab Purwakarta untuk menjadikan keberhasilan mengekspor Manggis sebagai momentum mengembangkan berbagai komoditas dari sektor-sektor lainnya ke pasar yang lebih luas, yakni pasar nasional dan pasar internasional.

Baca juga Buah Manggis Sukses Tembus Pasar Internasional, Purwakarta Kembangkan Durian Jadi Komoditas Andalan Baru

“Bapak Pj Bupati optimis berbagai komoditas lain di Purwakarta bisa bersaing secara nasional bahkan internasional. Keberhasilan ekspor Manggis harus bisa diikuti komoditas lainnya sehingga mampu menggerakan perekonomian daerah dan kesejahteraan rakyat bisa diwujudkan,” kata Rudi.

Menurut Rudi, selain komoditas pertanian Buah Manggis yang sudah berhasil menembus dan membanjiri pasar internasional, Purwakarta juga memiliki komoditas potensial lainnya yang bisa dikembangkan untuk skala nasional, diantaranya komoditas perikanan darat dan industri ekonomi kreatif dan kuliner.

Kabupaten Purwakarta saat ini, lanjut Rudi, memiliki potensi sangat besar pada sektor perikanan darat di Jatiluhur yang sudah dikenal sejak dulu. Purwakarta juga punya ekonomi kreatif yakni kerajinan keramik di Plered yang kualitasnya sudah dikenal hingga ke manca negara.

“Purwakarta juga punya komoditas kuliner unggulan yakni Sate Maranggi yang sudah sangat dikenal hingga ke manca negara. Semua itu merupakan potensi luar biasa yang bisa terus kita kembangkan hingga ke level nasional dan internasional,” kata Rudi Hartono.***Adv

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI