Selasa, 16 Juli 2024
BerandadeBisnisBuah Manggis Sukses Tembus Pasar Internasional, Purwakarta Kembangkan Durian Jadi Komoditas Andalan...

Buah Manggis Sukses Tembus Pasar Internasional, Purwakarta Kembangkan Durian Jadi Komoditas Andalan Baru

Dejurnal.com Purwakarta – Setelah sukses menjadikan buah Manggis menjadi komoditas buah yang dapat menembus pasar internasional, kini Pemerintah Kabupaten Purwakarta melirik buah Durian untuk dikembangkan menjadi komoditas hortikultura andalan yang baru.

“Peluang pasar komoditas buah Durian masih terbuka sangat besar, baik pasar nasional maupun pasar internasional. Peluang itu harus kita manfaatkan dengan baik,” kata Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Purwakarta, Sri Jaya Midan, Kamis, 27 Juni 2024.

Untuk mensukseskan hal itu, Dispangtan Purwakarta telah menyiapkan sedikitnya 750 hektar lahan perkebunan untuk pengembangan budi daya komoditas buah durian. Lahan tersebut tersebar di 11 kecamatan disiapkan untuk mengembangkan buah Durian, yang meliputi Kecamatan Pondoksalam, Cibatu, Wanayasa, Bungursari, Campaka, Pasawahan, Sukasari, Plered, Tegalwaru, Purwakarta dan Kecamatan Darangdan.

“Sebanyak 75.012 pohon durian berbagai jenis varian dan umur sudah ditanam di areal perkebunan tersebut. Dari jumlah itu, 25.134 pohon durian diantaranya sudah memasuki usia produktif,” terang Midan.

Dalam pengembangan komoditas andalan baru itu, Midan mengajak para petani untuk berperan aktif. “Lahan dan pohon Durian yang kita siapkan itu hampir semuanya milik petani. Itu sebagai cara untuk merangsang para petani ikut berperan aktif mengembangkan durian,” katanya Midan.

Menurut Midan, jenis durian yang dikembangkan di Purwakarta saat ini hampir sebagian besar merupakan jenis yang sudah dikenal dan sangat disukai di pasaran, diantaranya jenis Montong, Musang King, Kuning Mas dan Durian Bawor.

“Selain jenis durian yang sudah ada, kita juga sedang mempersiapkan pengembangan varietas durian lokal. Saat ini kita masih mempelajari jenis-jenis durian lokal di Purwakarta yang bisa kembangkan,” ujar Midan.***Adv

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI