Rabu, 29 Mei 2024
BerandadeHumanitiBudayaBerani Uji Nyali? Cobain Lintasi Pagang Ditengah Deburan Ombak Dashyat  Pantai Cicaladi...

Berani Uji Nyali? Cobain Lintasi Pagang Ditengah Deburan Ombak Dashyat  Pantai Cicaladi Karangbolong  Sukabumi

Dejurnal.com, Kab. Sukabumi – Pantai pesisir Kabupaten Sukabumi memiliki keindahan panorama alam dan objek wisata yang masih belum tereksplorasi dan terpublikasikan dengan baik, salah satunya Pantai Cicaladi Karangbolong di Desa Sukatani Kecamatan Surade.

Pantai Cicaladi Karangbolong  tidak sama dengan pantai-pantai lain yang ada di pesisir Jawa Barat, pantai ini memiliki deburan ombak yang menggelora setiap saat dengan ketinggian ombak yang bisa mencapai beberapa meter dan sanggup melampui pulau poncol yang berada di tengah.

Selain gelora ombak, hal unik yang ada di Pantai Cicaladi Karangbolong ialah banyaknya pagang yang dipasang di pinggir tebing pantai, terbuat dari bambu dan dipakai untuk menangkap ikan dengan cara dipancing atau disirip. Panjang pagang yang menjorok ke tengah laut bervariasi, dari 10 sampai 15 meter dengan ketinggian di atas permukaan laut mencapai 20 meter.

Bagi pengunjung yang tidak terbiasa dengan ketinggian tentu akan merasa ngeri ketika melintasi pagang tersebut, pasalnya selain tinggi juga dibawah berdebur ombak yang membuat nyali kita menjadi ciut.

Menurut Neneng, salah satu pedagang ikan bakar di Pantai Cicaladi Karangbolong, pagang-pagang yang menjorok ke laut tersebut memang dibuat untuk menangkap ikan.

“Itulah hasil kreatifitas nelayan di sini, dan hasil tangkapan ikan itu bisa langsung dinikmati dalam keadaan masih segar baik dengan cara dibakar,” ujarnya berpromosi.

Kawasan Pantai Cicaladi Karangbolong mulai dijadikan tempat wisata atas inisiasi Kades Sukatani Kecamatan Surade, dan kemudian mulai ramai dikunjungi para wisatawan sehingga bisa mendongkrak nelayan di sini.

“Kalau dulu, hasil penangkapan ikan dari pagang itu dibawa ke pasar, sekarang dengan menjadi tempat wisata dan banyak yang berkunjung hasil tangkapan ikan habis dibeli dan dibakar oleh para pelancong,” imbuh Neneng.

So, ingin menikmati pemandangan alam, mencoba uji nyali melintasi pagang di tengah gemuruh dan deburan ombak samudera serta menikmati ikan bakar segar yang baru diambil dari laut, Silahkan berkunjung ke Pantai Cicaladi Karang Bolong.***Re’d

 

 

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI