Minggu, 16 Juni 2024
BerandadeNewsDelapan Pegawai di Lingkungan Pemkab Bandung Posiitif Covid -19, Mereka Sedang Jalani...

Delapan Pegawai di Lingkungan Pemkab Bandung Posiitif Covid -19, Mereka Sedang Jalani Karantina

Dejurnal.com.Bandung – Delapan orang pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung positif terpapar Covid -19. Demikian dikatakan Juru Bicara Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid -19 Kabupaten Bandung, Yudi Abdurahman, di Soreang, Rabu (29/7/2020).

Semua orang yang terpapar itu, kata Yudi sudah menjalani isolasi, ada yang di BLK, BPSDM Jabar, dan ada juga yang isolasi mandiri di rumah.

Dari delapan orang yang terpapar tersebut, empat diantaranya bertugas sebagai tenaga kesehatan di RSUD Soreang, satu orang tenaga harian lepas (THL) di Dinas Kesehatan, satu orang ASN di Dinas Sosial, satu orang THL dan satu ASN di Dinas Pangan dan Perikanan (Dispakan).

Yudi menjelaskan, selain mengisolasi para pegawai yang terpapar, saat ini pihaknya melalui Dinas Kesehatan terus berupaya melakukan penelusuran, kemana saja dan dengan siapa saja selama dua minggu sebelum swab test yang bersangkutan bepergian dan berkomunikasi akrab.

Yudi memaparkan, saat ini pelayanan di tempat mereka berdinas sudah dilakukan pembatasan. Seperti di RSUD Soreang sudah dilakukan pembatasan kunjungan pasien dan di poliklinik tempat yang bersangkutan bertugas ditutup sementara. Di Dispakan ditutup sementara,seluruh pegawainya melakukan work from home (WFH).

Kecuali di Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan masih buka karena harus memberi pelayanan terhadap masyarakat. Namun kata Yudi tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

“Di semua kantor sudah disediakan tempat cuci tangan di depan,harus betul-betul diperhatikan, protokol kesehatannya harus diperketat,” kata Yudi.

Direktur RSUD Soreang dr.H.Iping Suripto dalam keterangan tertulisnya menyebutkan empat tenaga medis didapat positif Covid -19 berdasarkan pemeriksaan Rapid Tes dan PCR yang diselenggarakan pada 20 sampai 24 Juli 2020.

Asisten I Pemerintahan, Ruli Hadina mengatakan penutupan sejumlah layanan kesehatan di RSUD Soreang dilakukan guna mencegah menyebarnya Covid -19.

“Untuk sementara kita sengaja menutup Poli sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid -19, dan dilakukan Swab atau Freshing kepada semua staf di lokasi tersebut,” kata Ruli Hadiana, Rabu (29/7/2020).

Ruli Hadiana menduga empat tenaga medis yang positif virus corona akibat lalai dalam mengenakan Alat Perlindungan Diri (APD). Dia mengimbau, masyarakat maupun ASN di Pemkab Bandung untuk tetap waspada terhadap pandemi covid -19. Sebab penyebarannya saat ini sesuai informasi bisa melalui udara. Karena itu salah satu upaya pencegahan dengan mengenakan masker dan cuci tangan pakai sabun.

Sementara, Sekretaris Dispakan Kabupaten Bandung, Atep Dedi Kurnia, saat ditemui wartawan membenarkan adanya pegawai yang terinfeksi covid-19. Atas kejadian itu, pihaknya telah melakukan pemeriksaan berupa rapid tes dan swab terhadap semua pegawai.

Kantor Dispakan dikosongkann 14 hari kedepan, Atep mengaku, tidak tahu pasti kapan semua pegawai di kantor bisa kembali beraktivitas. “Meskipun ketentuan dari pemerintah isolasi mandiri sampai 14 hari, tapi itu bukan jaminan sudah steril,”imbuhnya.*** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI