Jumat, 19 Juli 2024
BerandadeNewsCV Bernas Gelar Seminar Kebangsaan Kelahiran Pancasila

CV Bernas Gelar Seminar Kebangsaan Kelahiran Pancasila

Dejurnal.com, Bekasi – Bertempat di Ballroom Nuanza Hotel, Jalan Cikarang Cibarusah, Pasirsari, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi CV Berkah Nasional (Bernas) menggelar Seminar Kebangsaan Kelahiran Pancasila dengan tema menyikapi lahirnya Pancasila didalam pelaksanaan toleransi antar umat beragama di Kabupaten Bekasi, Sabtu (12/6/2021).

Dalam acara tersebut hadir Perwakilan Forkopimda Kabupaten Bekasi, KH Ahmad Nurul Huda Haem, serta para tokoh lintas agama yang ada di Kabupaten Bekasi.

Acara yang di gelar di Ballroom Nuanza hotel tersebut diawali dengan sambutan Ketua Umum Bernas H Abdul Kadir, dalam sambutannya Ia menyampaikan motivasi CV Bernas dalam menggelar seminar kebangsaan tersebut sebagai upaya membantu pemerintah dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan antar umat beragama.

“Bernas mengadakan seminar kebangsaan kali ini, sesuai dengan temanya, kami berkeinginan berkontribusi dan membantu pemerintah dalam menjaga kerukunan itu harus di mulai dari kita sendiri,” jelasnya kepada awak media.

Selain itu, H Abdul Kadir juga menyampaikan, CV Berkah Nasional ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat lintas agama diwilayah Kabupaten Bekasi untuk selalu menjalin komunikasi. Menurutnya, dalam menciptakan toleransi antar umat beragama dibutuhkan rasa saling menghargai, menghormati, dan saling menjaga sesuai dengan yang tertuang dalam Pancasila.

“Untuk menjaga kerukunan itu, harus dimulai dari kita sendiri. Saling menghormati, saling menjaga, dan saling menjaga antar umat beragama dalam lingkup kesatuan Republik Indonesia” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama sebagai pembicara, KH Ahmad Nurul Huda Haem dalam kesempatannya menyampaikan kemerdekaan bangsa mampu diraih berkat rasa sepenanggungan yang tercipta dimasa perjuangan memperebutkan kemerdekaan.

“Pada masa itu, berkat rasa sepenanggungan antar umat beragama atas nama bangsa Indonesia semua lapisan masyarakat tidak memandang suku, golongan dan agama, semua turun angkat senjata berjuang melawan penjajah” ucap KH Ahmad Nurul Huda dalam sambutannya.

Selain itu, acara seminar kebangsaan yang diselanggarakan oleh CV Berkah Nasional tersebut mendapatkan apresiasi dari sejumlah tokoh lintas agama yang hadir. Salah satunya datang dari Robertus Astauwario tokoh Katolik Kabupaten Bekasi yang hadir dalam acara tersebut.

Ia mengapresiasi acara tersebut, menurutnya seminar kebangsaan yang diselenggarakan oleh CV Bernas kali ini, mampu menjalin komunikasi antar umat beragama, sehingga diharapkan tidak ada lagi perselisihan dan mampu menciptakan rasa toleransi antar umat beragama.

“Saya sebagai salah satu umat Katolik yang ada di Bekasi, tentunya menyambut baik acara seminar seperti ini, dimana kami bisa saling mengenal dan rasa tolenrasi bisa terus tumbuh dan berkembang di Kabuapten Bekasi” ujar Rio.

“Dengan adanya ini, kami berharap Bapak Bupati Bekasi bisa mendengar juga cerita kami, permasalahan-permasalahan yang ada. Sehingga kami bisa merasakan beribadah ditempat ibadah dengan nyaman dan aman” lanjutnya.

Dipenghujung seminar, juga dilakukan penandatanganan ikrar bersama tokoh lintas agama yang ada di Kabupaten Bekasi untuk selalu menjaga komunikasi serta kerukunan antar umat beragama yang telah lama tercipta dan terjalin.***Eka/Red

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI