Jumat, 19 Juli 2024
BerandaGerbangDesaSayati Punya Inovasi Ditunjuk Pemda Bandung Masuk jadi Calon Desa Aksara

Sayati Punya Inovasi Ditunjuk Pemda Bandung Masuk jadi Calon Desa Aksara

Dejurnal.com, Bandung – Desa Sayati, Kecamatan Margahayu ditunjuk oleh Pemda Bandung untuk masuk jadi salah satu calon Akademi Desa Juara (Aksara).

Kepala Desa Sayati, Nandar Kusnandar mengatakan, Aksara, diperuntukan bagi desa yang baru dan punya inovasi, akan didorong oleh pemerintah provinsi. “Kebetulan desa Sayati punya inovasi menjadikan smart plan sesuai dengan rencana Kabupaten Bandung go digital,” katanya di kantornya, Senin (30/8/2021).

Setelah selama dua hari mengikuti diklat, lanjut Nandar, kriteria dari desa yang diikutksertakan Aksara yakni membuat satu program yang untuk kembali lagi kepada kebutuhan masyarakat. “Contoh, kami di Desa Sayati selain memberikan pelayanan secara konvensional kepada masyarakat juga secara digital dengan membuat aplikasi,” Imbuhnya.

Nandar menjelaskan, dengan layanan digital ada beberapa keuntungan, diantaranya mempermudah pelayanan. “Masyarakat yang punya kepentingan lain, supaya tidak terhambat menggunakan pelayanan dengan aplikasi, dan up peoplenya RT- RW, ketika ada notivikasi ke pemerintah desa kita buat, segala kebutuhan surat menyurat diantarkan ke rumah, ” tandas Nandar.

Dengan pelayanan tersebut, tambah Nandar mempermudah administrasi, menghindari pungutan liar, dan cepat.

Kesiapan Desa Sayati untuk hal ini, kata Nandar sudah siap, Sayaginet yang kini sudah 1200 user/ Agustus menjadi modal kuat. “Kami terus invansi agar warga masyarakat menggunakan layanan kami, khususnya internet, ” pungkas Nandar. *** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI