Jumat, 17 Mei 2024
BerandaGerbangDesaBumDesaBumDes Sayati Akan Kelola Sampah Mandiri, Jadi Briket Dibeli PLN

BumDes Sayati Akan Kelola Sampah Mandiri, Jadi Briket Dibeli PLN

Dejurnal. com, Bandung – Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Sayati , Kacamatan Margahayu, Kabupaten Bandung akan pengelola sampah mandiri, dengan konsep memungut atau diambil sampah-sampah yang ada di warga masyarakat, sambil terus menggebyarkan pilah sampah.

Hal itu dikatakan Kepala Desa Sayati Nandar Kusnandar di kantornya, Kamis (21/9/2023). Nandar menjelaskan, sambil berjalan pilah-pilah sampah, juga sambil diolah untuk dijadikan briket, dan briket itu akan dibeli langsung oleh PLN.

Selain itu, lanjut Nandar BumDes juga akan menjalankan usaha menjual kantong plastik sampah yang mudah terurai (hancur). Ia berharap masyarakat merespon baik hal ini.

“Saya sudah berkomunikasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) juga dengan Pak Bupati. Kita ketahui sampah plastik itu jadi masaah karena sulit terurai, tapi kantong pelastik yang dijual ini sudah hasil riset, didesain sedemikian rupa, mudah hancur,” kata Nandar.

Nandar berharap masyarakat mulai peka dan mulai beralih menggunakan kantong plastik yang mudah hancur, dengan menggunakan kantong platiik tetsensebut..

Target pertama, kata Nandar akan merevitalisasi pengurus Bumdes. Ia mengaku mesin sudah siap, tinggal pembenahan mesin yang ada di Cimuncang.***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI