Kamis, 25 Juli 2024
BerandadePolitikPKS Bertekad Perjuangkan Kesejahteraan Petani

PKS Bertekad Perjuangkan Kesejahteraan Petani

Dejurnal.com, Bandung – Ketua DPW PKS Jawa Barat Haru Suandharu mengatakan, PKS akan memperjuangkan nasib petani agar bisa lebih sejahtera.

Karena, menurut Kang Haru, demikian ia disapa akrab saat ini banyak sekali permasalahan yang dihadapi para petani.

“Permasalahan itu lintas institusi, sehingga DPP sudah memerintahkan untuk mensejahterakan petani, dengan berupaya menyelesaikan satu persatu permasalahan tersebut, ” ujar Haru seusai launching Sekolah Tani di SOR Desa Panundaan, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Minggu (24/10/2021).

Penyelesaian masalah petani ini, kata Haru salah satunya dengan sekolah tani. “Sekolah tani ini bukan program baru, sejak periode yang lalu. Jadi setiap kota/kabupaten dan Provinsi itu minimal punya 1 sekolah tani. Sekarang sudah ada 28 sekolah tani punya Provinsi dan 27 kota/ kabupaten,” Imbuhnya.

Haru mengungkapkan, sekolah tani ini diutamakan untuk kaum milenial yang ingin menjadi petani. Mereka diberi semangat dan pemahaman, serta keterampilan teknis sehingga diharapkan mereka bangga menjadi petani dan sukses.

Karenanya Haru meminta kepada semua anggota DPW Provinsi Jawa Barat, juga anggota DPD Kabupaten Bandung, dan DPD kota /kabupaten se Jawa Barat, termasuk kepala daerah yang didukung oleh PKS, ataupun tidak untuk bekerja sama mensejahterakan petani.

Dengan tagline PKS bersama petani, lanjut Haru petani yang tidak memiliki lahan atau memiliki lahan, setiap petani itu tetap bersama PKS.

“Sehingga mudah-mudahan satu permasalahan kita selesaikan. Bagaimana agar petani tidak berdiri sendiri tapi membuat kelompok tani. Kita perjuangan di tingkat kota kabupaten. Salah satunya ada subsidi dari pemerintah daerah provinsi dan kabupaten yang juga menyertai subsidi dari pemerintah pusat, jika sulit mendapat pupuk dengan harga subsidi. Kita akan usulkan itu, akan diperjuangkan termasuk kepada kepala daerah yang PKS dukung, ” terang Haru.

Haru mengukapkan, DPW PKS akan menugaskan dalam bentuk surat intruksi kepada semua anggota DPD kabuparen/ kota untuk memperjuangkan para petani.

“Jadi dalam peringatan Hari Tani bukan sekedar peringatan serimoni tetapi ada aksi kongkrit,” ujarnya

Haru berterima masih kepada Bidang Tani dan Nelayan (BTN) yang menjalin kerja sama dengan para pengusaha otleter, sehingga terjadi prosesn beli dari petani dan jual langsung kepada konsumen.*** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI