Selasa, 16 Juli 2024
BerandadeBisnisBank Indonesia Sosialisasikan Qris Bersama Anggota DPR RI Didi Irawadi

Bank Indonesia Sosialisasikan Qris Bersama Anggota DPR RI Didi Irawadi

Dejurnal.com, Ciamis – Sosialisasi dan edukasi Quick Response Code Indonesian Staandard (Qris) Bank Indonesia bersama Anggota DPR RI Komisi XI Fraksi Partai Demokrat Dapil Jabar X, Didi Irawadi Syamsuddin, SH, LL.M pada masyarakat Kecamatan Ciamis, (23/11/2021).

Dajana Pimpinan Bank Indonesia Tasikmalaya mengatakan bahwa kita di masa pandemi ini menuntut kita untuk masuk era digitalisasi, sehingga kita bertransformasi dan mengikuti jaman sehingga lahir Qris.

“Qris ini merupakan barcode atau kode yang sudah berstandarisasi dan berbentuk universal untuk memudahkan pembayaran atau transaksi lainya dan Qris atau barcode ini bukan merupakan aplikasi tapi layanan yang ada di aplikasi perbankan seperti BCA mobile, link aja,ovo dan lain lain, kita juga menjamin segi keamanan data dan saldo nasabah,” terangnya.

Dajana menambahkan cara penggunaan Qris sangat mudah hanya scan kode Qris maka transaksi sudah bisa di lakukan.

Adapun Pengguna Qris di Ciamis sudah ada 30 ribu atau 20% ini sangat bagus karena masyarakat Ciamis sudah mendukung program ini.

Qris ini sangat mendukung pemerintah mengurangi penyebaran covid – 19 dengan protokol kesehatan karena transaksi tidak secara langsung atau non tunai, karena Qris bisa dilakukan dengan tatap muka atau non tatap muka.

Manfaat atau keuntungan pembayaran menggunakan Qris salah satu nya menjadi solusi dalam sistem pembayaran baik penjual atau pembeli karena tidak ada kontak pisik sehingga transasi tidak memerlukan uang kembalian sehingga transaksi bisa lebih cepat. Ada pun Manfaat bagi pemerintah adalah mendukung penyebran covid -19 dengan protokol kesehatan dan data UMKM akan mudah di akses.

Adapun Qris juga bisa di lakukan Untuk pembayaran infak zakat dan sodakoh, yang sudah menggukan Qris masjid agung Ciamis, Masjid Agung Kota Tasik, Baznas Kota Tasik.

Sementara itu, Didi Irawadi mengatakan kita mendukung penuh program pemerintah karena ini merupakan program yang sangat luar biasa dari Bank Indonesia, yang mana ada ilmu atau terobosan baru yang mengikuti jaman.

“Banyak manfaat yang akan kita dapat dari menggunakan qris ini salah satu nya perputaran uang yang ada di indonesia tidak pergi keluar negeri dan akan terfokus di negara sendri, Qris ini juga bisa bertransaksi dimana saja dan kapan saja, cara penggunaannya juga sangat mudah dan aman,” ujarnya.

Qris juga sangat membatu pemerintah dan masyarakat dari penyebaran uang palsu terutama pada masa Pilkada jadi bertransaksi pun aman tanpa ada keraguan.***Jepri Tio

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI