Selasa, 16 Juli 2024
BerandadeNewsH. Ayep Rukmana, Pengurus DPD PPSI Kabupaten Bandung Baru Harus Mampu Pertahankan...

H. Ayep Rukmana, Pengurus DPD PPSI Kabupaten Bandung Baru Harus Mampu Pertahankan Prestasi

Dejurnal.com, Bandung – Konferensi Daerah (Konferda) Persatuan Pencak Silat Seluruh Indonesia (PPSI) Kabupaten Bandung tahun 2021 digelar di Hotel Antik Soreang, Senin (29/11/2021).

Dari Konferda yang diikuti oleh 72 orang dari PAC 32 kecamatan ini Endang dari Kecamatan Ciwidey terpilih sebagai Ketua PPSI Kabupaten Bandung periode 2021-2025, unggul tipis dari H. Amin M. Bakah, ST dari Kecamatan Margahayu.

Kabid Kebudayaan Kabupatem Bandung Drs. H. Ayep Rukmana, M, Si berharap, ketua dan pengusrus PPSI Kabupaten Bandung yang terpilih dari Konferda Kabupaten Bandung tahun ini bisa menggali potensi-potensi yang ada di PPSI dari tiap kecamatan.

“Kabupaten Bandung, tahun ini juara umum Pasanggiri Pencak Silat tiangkat Jabar. Mudah-mudahan bisa dipertahankan. Ketua dan pengurilus baru PPSI Kabupaten Bandung bisa membawa perubah dan bisa lebih baik. Bisa membawa harum mama Kabupatem Bandun, tak hanya di tingkat national, tapi international,” kata Ayep Rukmana di sela kegiatan Konferda.

Sementara itu, Kasi Nilai Budaya dan Cagar Budayai Hj. Dini Hayati, S. An, M.Si, mengatakan, Konferensi ini dilaksanakan semaksimal mungkin dengan anggaran yang sudan tersedia dari DPA.

“Giat kita kerja bareng dengan PPSI. Kita memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan untuk pelaksanaan kegiatan. Alhamdulilah terakomodir, ”

Ketua terpilih digarapkan mampu menjalankan tugas sengan baik sehingga PPSI Kabupaten Bandung semakin maju dan kesenian Pencak silat sebagai budaya leluhur tetap terpelihara.

Memurut HJ. Dini, peserta Konferwil lebih dari 72 dari 32 DPC Kecamatan se-Kabupaten Bandung ditambah undangan dari provinsi.

Hj. Sini mengaku lega karena Konferwil berjalan lancar. “Alhamdulilah Konferda lancar. Memang sebelumnya ada kendala, karena seniman di Kabupaten Bandung itu banyak, kalau di undangan seorang tidak mungkin. Tapi berkat kerjasama semua pihak akhirnya dapat diatasi, ” ujarnya.

Ketua PPSI Kabupaten Bandung terpilih, H. Endang mengatakan, meski keberangjatan mencalonkan diri jadi ketua bukan karena ambition, tetapi karena terdorong mencintai seni Pencak Silat.

Tapi, ketika terpilih menurutnya pasti ada prioritas yang akan ia lakukan pasca terpilh jadi Ketua PPSI Kabupaten Bandung Periode 2021-2025, yakni melakukan pembemahan organisasi, pendataan paguron atau grup-grup Pencak Silat yang selama ini belum terorganisir, membut program kerja yang sinergis dengan program bupati baru.

” Karena bagaimana pun Pencak Silat bagian dari kebudayaan, tentu harus memperhatikan sinergitas program Bedas. Tidak bisa bertentangan atau tidak sejalan. Kemudian akan mengembangkan Pencak Silat agar lebih maju, lebih terprogram dan dapat berkontribusi kepada Kabupaten Bandung,” tutupnya. *** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI