Kamis, 20 Juni 2024
BerandadeNewsPasca Letusan Semeru, Gubernur Khofifah Sambangi Lokasi Terparah

Pasca Letusan Semeru, Gubernur Khofifah Sambangi Lokasi Terparah

Dejurnal.com, Lumajang – Orang nomor satu di Gedung Grahadi, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansah mengkoordinasikan para bupati terdekat untuk segera melakukan penanganan kegawatdaruratan pasca terjadi erupsi Gunung Semeru.

Utamanya di daerah Pronojiwo yang aksesnya terputus akibat ambruknya Gladak Perak. “Bupati Malang sudah kirim tim, kami sudah mengkomunikasikan antara Pak Bupati Lumajang, Pak Bupati Malang, Jember ini juga sudah kirim TRC, bagaimana action plan kegawatdaruratan sebaik mungkin,” ujar gubernur saat meninjau lokasi di Dusun Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh Candipuro, Minggu (5/12/2021).

Diketahui bersama Dusun Kampung Renteng menjadi lokasi terparah dampak erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) kemarin. Terpantau sejumlah rumah milik warga dan kendaraan angkutan pasir tertimbun material vulkanis Gunung Semeru.

Selanjutnya Khofifah menjelaskan suasana di Kampung Renteng, desa Sumber Wulu Kecamatan Candi Puro, Lumajang. “Ada 16 rumah tertimbun awan panas guguran (APG). Pada dasarnya early warning system berjalan dan jalur evakuasi. Tetapi APG sangat cepat , evakuasi saat yang sama sangat padat sehingga ada mobil yang tertimbun. Ada 16 rumah tertimbun saat ini ada satu warga yang sedang proses evakuasi. Mohon do’a dan gotong royong semuanya. Semoga kita bisa menangani dengan cepat,” harapnya.

Lebih lanjut Gubernur juga menjelaskan bahwa untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi, pasokan logistik telah didistribusikan ke posko-posko pengungsian. “Kalau awal kita bawa kids wear, family kit, berbagai kelengkapan kesehatan, pasti sembako, beberapa item di BPBD diidentifikasi standby baik itu di BPBD kabupaten, provinsi maupun BNPB, tadi malam sudah terkirim,” ungkapnya.

Sedangkan Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyampaikan bahwa fokus penanganan pasca erupsi saat ini adalah proses evakuasi. Ia berterima kasih tim relawan dan BPBD dari kabupaten sekitar turut membantu proses penanganan kegawatdaruratan di Lumajang.

“Terima kasih Ibu Gubernur sudah mengkoordinasikan antar kabupaten/kota terdekat sudah meluncur, tentu ini akan memaksimalkan proses penanganan kegawatdaruratan di sini,” ujarnya.***(Muh Nurcholis)

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI