Minggu, 19 Mei 2024
BerandadePrajaParlementariaAda Anggaran Normalisasi Sungai Cikahiyangan di 2022, Dadan Konjala, SH Berharap Jadek...

Ada Anggaran Normalisasi Sungai Cikahiyangan di 2022, Dadan Konjala, SH Berharap Jadek Tak Banjir Lagi

Dejurnal.com, Bandung – Anggota DPRD Kabupaten Bandung dari Fraksi PDIP, H. Dadan Konjala, SH prihatin dengan kejadian banjir di jalan Dengdek (Jadek) Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung yang notabene termasuk kampung halaman pria yang lebih akrab disapa Abah DK ini.

Petang ini Jadek, perbatasan Desa Sayati dengan Desa Margahayu Selatan, Kecamatan Margahayu, kembali banjir, dan untuk yang kesekian ratus kalinya.

Banji makin luas menggenang ke pemukiman warga sekitar Desa Margahayu Selatan dan Desa Sayati. Lagi-lagi Sungai Cikahiyangan menjadi sasaran karena penyempitan sehingga tidak mampu menahan air kiriman dari Kota Bandung dan Cimahi.

Lagi-lagi pula, banjir ini memacetkan kendaraan dari arah Bandung ke Soreang dan sebaliknya, dan lagi-lagi menjadi lahan mengais rupiah remaja tanggung yang
memberikan jasanya mendorong dan mengeringkan kendaraan bermotor yang mogok.

Abah DK tahu, pemerintah setempat dari mulai desa sampai Kecamatan, dan dorongan dewan dengan pemerintah Kabupaten Bandung sudah berupaya dengan berbagai skenario, namun semua perlu proses dan terus diupayakan.

Abah DK tidak ingin lagi ada kendaraan macet karena mogok tergenang air hingga menimbulkan kemacetan, dan tidak berharap banyak remaja yang menawarkan jasa mendorong kendaraan, karena itu bukan pekerjaan tetap.

Abah juga tidak mau ada pedagang yang mangkal di sana rugi karena tempat mangkal (rodanya) terendam. Abah berharap upaya semua pihak membuahkan hasil, meski tidak mengatasi seratus persen, setidaknya meminimalisir banjir.

Menurut Abah, upaya pemerintah diusung di Musrenbang pada tahun 2020 dan 2021 PUTR Kabupaten Bandung normalisasi atau perbaikan Sungai Cikahiyangan dan jembatan tol Cibaduyut Cangkuang Kulon, Kecamatan Dayeuhkolot.

“Rencananya di tahun 2022 ini ada anggatan untuk normalisasi Sungai Cikahyangan. Mudah-mudahan upaya ini bisa meminimalisir banjir di Jadek. Jadi ada dua titik untuk mengatasi banjir kiriman dari Kota Bandung. Yaitu normalisasi Cikahiyangan dan perbaikan jembatan tol Cibaduyut Cangkuang Kulon. Mudah-mudahan banjir segera dapat diminimalisir,” harap Abah DK, Selasa (17/5/2022).***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI