Selasa, 21 Mei 2024
BerandaGerbangDesaBumDesaApa Kabar Kondisi BumDesa Palasari Hilir Parungkuda?

Apa Kabar Kondisi BumDesa Palasari Hilir Parungkuda?

Dejurnal.com, Sukabumi – Penyertaan modal dan wp-content/uploads yang di terima Bumdes Palasari Hilir Kecamatan Parungkuda dari pengurus lama kepada pengurus baru, diantaranya uang sejumlah Rp 35 juta, 7 unit mesin jahit dan 4 buah komputer dalam kondisi rusak.

Hal itu disampaiakan Ketua Bumdes Palasari bernama D yang kemudian meneruskan usaha Bumdes berupa gas elpiji 3 kg, Jumat (14/10/2022).

Setahun sesudah perpindahan dari ketua lama ke ketua baru telah dilakukan LPJ yang konon katanya sudah terverifikasi oleh Badan Pemeriksan Keuangan (BPK), menurut keterangan ketua lama berinisial A, Muspika Kecamatan Parungkuda yang diwakili Juardi menyatakan bahwa selama perjalanan Bumdes tidak mendapatkan laporan secara rinci dan detail mengenai aset yang di miliki BUMDES itu sendiri.

“Dan hal itu akan dipertanyakan kembali kepada BUMDES yang baru tentang aset yang di kelola oleh BUMDES itu sendiri,” ujarnya yang dikonfirmasi via sambungan seluler.

Ketika ditanya hal yang lebih jauh mengenai informasi adanya kejanggalan yang ada, dirinya tidak bisa memastikan kondisi itu, pasalnya yang pertama hal itu bukan kewenangan bagian aset dan dirinya menyampaikan pesan untuk mengkonfirmasi ke bagian pemberdayaan di kecamatan itu sendiri yaitu pak Amir.

Informasi yang dihimpun, adanya sejumlah uang di kisaran Rp 180 juta yang terbagi di tiga tahapan dari semenjak tahun 2017/2018 sebagai penyertaan modal awal, karena di tahun berikut nya tidak ada penyertaan modal lagi dan tiba musim corona.

Sejumlah uang yang bermula di kisaran Rp 180 juta itu publik tahunya hanya tersisa di angka kurang dari Rp 50 jutaan dengan alasan banyaknya konsumen atau masyarakat yang menunggak pembayaran, karena BUMDES awal mengelola simpan pinjam.

Menurut Ketua BUMDES baru kisaran uang yang ada di luar itu hanya tersisa lebih kurang dari 20 jutaan di tambah beberapa unit mesin jahit dan beberapa unit komputer rusak yang ada sesuai di berita acara serah terima jabatan dari ketua lama ke ketua baru.

Sementara itu, Kepala Desa Palasari Hilir saat di temui menyarankan untuk langsung bertemu dengan Ketua BUMDES, baik kepada ketua lama maupun ketua baru

Namun, ketua Bumdes lama yang kini sudah diganti agak sedikit tertutup dalam memberi informasi dan menyatankan bertanya langsung kepada kepala desa yang kini menjabat.

Ibu A selaku ketua lama tidak banyak memberikan informasi lainnya, lebih dominan menjelaskan tentang hasil LPJ yang telah terverifikasi oleh BPK.***Aldy

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI