Sabtu, 18 Mei 2024
BerandadeHumanitiErik Kridasetia Beri Bantuan Korban Banjir Desa Ciparay Paska Meluapnya Sungai Ciseel

Erik Kridasetia Beri Bantuan Korban Banjir Desa Ciparay Paska Meluapnya Sungai Ciseel

Dejurnal.com, Ciamis – Banjir yang melanda Desa Ciparay, kecamatan Cidolog, kabupaten Ciamis akhirnya mengundang simpati anggota DPRD Fraksi Demokrat Erik Kridasetia.

Erik terjun langsung kelapangan memberikan bantuan berupa sembako, untuk meringankan beban korban banjir.

Banjir di kawasan tersebut terjadi pada Rabu (26/10/2022) lalu, kemudian disusul dengan kejadian yang sama pada Kamis (10/11/2022) kemarin, peristiwa ini terjadi akibat hujan deras sehingga Sungai Ciseel di wilayah itu meluap.

Menurut warga setempat, Eruk (65) mengaku belum pernah ada bantuan apapun dari berbagai pihak hingga saat ini.

Namun hari ini pihaknya sudah mulai mendapatkan bantuan sembako dari wakil rakyat dari Partai Demokrat.

“Belum pernah ada bantuan apapun, baru sekarang ada bantuan sembako dari Pak Didi Irawadi dan Pak Erik Krida dari Partai Demokrat,” katanya saat ditemui di Desa Ciparay Ciamis, Senin (14/11/2022).

Bantuan seperti ini dikatakan Eruk sangat dibutuhkan sekali oleh warga di Desa Ciparay. Dia menyebut kondisi daerah ini sekarang memang sangat butuh perhatian.

Apalagi dia mengatakan ada salah satu wilayah yang akses jalannya terganggu akibat jembatan terputus dampak banjir kemarin.

“Kami sangat butuh bantuan ini, apalagi warga di RT 37 dan 38. Itu kan jembatan penghuhungnya putus,” paparnya.

Ditambahkan Kepala Desa Ciparay, Usep Hidayat membenarkan terkait kondisi warganya yang belum mendapatkan bantuan setelah terdampak banjir.

Usep pun tidak menampik kondisi wilayah yang akses jalan terdampak akibat jembatan penghuhungnya putus diterjang arus air saat peristiwa banjir kemarin. Ada 62 keluarga yang ada di wilayah itu.

“Benar, warga belum pernah mendapatkan bantuan dari mana pun baru hari ini. Betul juga ada jembatan putus yang semakin mempersulit keadaan warga,” katanya.

Dia saat ini mengaku terus berkomunikasi dengan pihak pemerintah dan koleganya agar warga disini bisa mendapat perhatian.

Karena dampak banjir kemarin benar-benar merugikan warga Desa Ciparay. Mereka ada yang gagal panen, ada yang hewan ternaknya terbawa arus dan kerugian lainnya.

Maka dari itu, Usep mengucapkan banyak terimakasih kepada anggota DPR RI, Didi Irawadi dan DPRD Kabupaten Ciamis Erik Kridasetia yang telah peduli kepada warga disini.

“Saat ini saya terus mencari donatur yang mau peduli membantu warga disini, kami ucapkan kepada Partai Demokrat yang sudah menjadi pihak yang sangat peduli terhadap kami,” tuturnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Ciamis dari fraksi Demokrat, Erik Kridasetia mengatakan pihaknya turun langsung melihat kondisi warga yang terdampak banjir kemarin di Desa Ciparay.

Erik mengaku prihatin atas musibah yang dialami warga Kabupaten Ciamis ini. “Setelah saya melihat disini warga sangat butuh sekali bantuan, baik sembako, ataupun yang lainnya,” kata dia.

Dia pun menilai kondisi Desa Ciparay pun saat ini benar membutuhkan bantuan dari infrastrukturnya karena ada jembatan yang putus.

“Kami sebagai wakil rakyat setelah ini akan mencoba mengajukan kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk segera memperhatikan Desa Ciparay dan bisa memprioritaskan perbaikan jembatan yang putus,” jelas Erik.

Politikus dari Partai Demokrat ini pun menyebutkan pihaknya akan mendorong pihak terkait dalam hal ini Badan Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy untuk bisa merespon kejadian rusaknya fasilitas umum di areanya.

“Nanti saya juga akan meminta BBWS segera merespon kejadian ini. Jembatan putus ini harus segera diperbaiki. Kasian warga apalagi banyak anak sekolah yang kesulitan saat mereka berangkat dan pulang sekolah. Mereka harus pakai perahu, dan itu sangat membahayakan bagi keselamatan mereka,” pungkasnya.***Jepri Tio

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI