Jumat, 17 Mei 2024
BerandadeEdukasiLokakarya Tiwulan Lintas Sektor Kecamatan Pacet, Puskesmas Pacet dan Puskesmas Panca

Lokakarya Tiwulan Lintas Sektor Kecamatan Pacet, Puskesmas Pacet dan Puskesmas Panca

Dejurnal.com, Bandung – UPTD Yankes Pacet melaksanakan kegiatan sosialisasi Program Lokakarya Triwulan lintas sektor Kecamatan Pacet, Puskesmas Pacet dan Puskesmas Panca, yang berlangsung di Aula Kecamatan Pacet, Selasa (29/11/2022).

Dihadiri Forkopimcam Pacet, UPT Pil KB Pacet, Para Kepala Desa, Tim Penggerak PKK Desa serta unsur masyarakat undangan lainnya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas dengan para stakeholder di wilayah Kecamatan Pacet, Puskesmas Pacet dan Puskesmas Panca, dalam bidang layanan kesehatan yang dilakukan setiap 3 bulan.

Pentingnya kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah ini untuk mensosialisasikan berbagai Program Kesehatan yang dimiliki hingga penanganannya untuk masyarakat melalui peran Puskesmas.

Seusai acara Kepala UPTD Yankes Pacet, dr Surya Fredi mengatakan, hari ini Selasa 29 November 2022, kami dua Puskesmas , diantaranya Puskesmas Pacet dan Puskesmas Panca, melaksanakan Lokakarya Triwulan.

“Jadi setiap 3 bulan mengevaluasi pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya masing – masing di Kecamatan Pacet itu ada 2 Puskesmas, Puskesmas Pacet dan Puskesmas Panca, Puskesmas Pacet 7 Desa wilayah kerjanya, dan Puskesmas Panca, 6 Desa, dan sekarang kami melakukan Lokakarya Triwulan ke 4 lintas sektor seluruh jajaran pemerintah Kecamatan Pacet yaitu Loakarya ke 4 ,yang terakhir di Tahun 2022 ini, seperti halnya tentu banyak isinya memaparkan tentang hasil dari pembangunan kesehatan se- Kecamatan Pacet,” paparnya.

Lanjut Kepala UPTD Yankes Pacet, sebagian besar alhamdulilah pencapaian Standar Pelayanan minimal (SPM) itu menjadi hak Warga Negara Indonesia khususnya di Kabupaten Bandung wabil khususnya di Kecamatan Pacet.

“Jadi sebagian besar sudah mendekati mencapai 100 Persen tinggal ada beberapa SPM yang belum memenuhi target dan itu sangat penting harus di capai karena untuk kebutuhan hak hidup warga Negara kita, dan pelayanan warga Kecamatan Pacet itu sudah tercapai,” Jelasnya.

Salah satu indikatornya bisa ketercapaian dari pada SPM dari 12 kesehatan seperti dimulai ibu hamil, ibu melahirkan, bersalin, balita, anak sekolah dasar, lanjut usia, TBC, HIV, diabetes, kencing manis, Hipotensi, dan lain – lain.

Hal itu dibahas juga isu isu internasional seperti TBC dan Stunting, semuanya tentu wajib disampaikan ke pemangku kepentingan stake holder mulai dari Camat Kades serta ibu Kades serta yang lainnya, agar diwilayahnya masing – masing memahami apa masalah yang ada dan apa solusi bersama untuk menyelesaikan hal itu.

“Mungkin inti jelasnya pertemuan lokakarya Triwulan yang setiap 3 bulan yang setahun itu 4 kali SPM tercapai dan temukan warga masyarakat terlayani secara kesehatannya merata maupun pelayanan sama dalam pelayanan kesehatan,” pungkasnya.***Agus Rachmat

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI