Minggu, 19 Mei 2024
BerandadeHumanitiSeniman Sunda Iman Jimbot Turut Meriahkan Hajat Lembur Mulakeudeu

Seniman Sunda Iman Jimbot Turut Meriahkan Hajat Lembur Mulakeudeu

Dejurnal.com, Garut – Seniman Sunda yang telah melanglang buana ke 27 negara, Iman Jimbot turut memeriahkan acara Sawindu Hajat Lembur Kampung Mulakeudeu, Desa Sukalaksana, Sucinaraja Garut.

Di acara ini Iman Jimbot membawakan rajah dengan alunan kecapi, suling dan tembang, komposisi musik tradisional yang kental dengan ritme eksperimental kontemporer menjadi ciri khas pria yang bernama Iman Rohman ini.

Ditemui dejurnal.com, Iman Jimbot sangat apresiasi dengan gelaran Hajat Lembur Kampung Mulakeudeu. “Apapun asal untuk Garut bisa ngajomantara, saya pasti dukung,” jawabnya saat ditanya kehadirannya di Kampung Mulakeudeu.

Ia mengaku akan mengenalkan Garut ke berbagai mancanegara. “Makanya saya sepakat, Hajat Lembur Mulakeudeu pun harus ngajomantara,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut (DKKG) Kang Jiwan ikut mengapresiasi kehadiran Seniman Sunda sekaliber Iman Jimbot bisa turut hadir dalam gelaran Hajat Lembur Mulakeudeu

“Ini pertanda bahwa Mulakeude ngajomantara mulai terlihat, mulai dikenal,” ujarnya.

Menurut Kang Jiwan, ini kali ke delapan Kampung Mulakeudeu menggelar hajat lembur, dan ini bisa terwujud dengan budaya gotong royong warganya. “Kampung Mulakeudeu sendiri sudah masuk dalam kategori kampung yang turut dalam pemajuan kebudayaan,” ujarnya.

Bahkan pemerintah kabupaten Garut pun sudah mengakui dan berjanji untuk mendukung terhadap pemajuan kebudayaan di Kampung Mulakeudeu.

“Sayangnya hal itu baru sebatas janji, karena sudah mau menginjak tahun ke delapan, dukungan ril itu belum terwujud,” pungkasnya.***Raesha

Lihat video terkait :

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI