Senin, 17 Juni 2024
BerandadeEdukasiDari 7 Juara FTBI Tingkat Kecamatan Margahayu, Lomba Sajak Menonjol

Dari 7 Juara FTBI Tingkat Kecamatan Margahayu, Lomba Sajak Menonjol

Dejurnal.com, Bandung – Sekitar 79 murid, dari 36 SDN yang ada di Kecamatan Margahayu mengikuti Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bamdung yang digelar tanggal 4 September 2023.

Pada FTBI ada 7 katagori lomba: Lomba Biantara Basa Sunda, Pupuh, Sajak Sunda, Ngadongèng, Borangan (Ngabodor Sorangan), Nulis jeung Maca Akasara Sunda, dan Lomba Nulis Carpon.

Ketua Panitia FTBI tingkat Kecamatan Margahayu Endang Rosidi, S. Pd. I
mengatakan tidak semua mata lomba diikuti oleh murid dari setiap sekolah. Jenis mata lomba yang paling banyak diikuti ialah lomba Maca Sajak Sunda, yang diikuti oleh 20 murid. Sedangkan yang lebih sedikit lomba Nulis jeung Maca Aksara Sunda yang diikuti hanya 3 orang murid.

“Ini mungkin tergantung tingkat kesulitan lombanya, ” kata Endang di Gedung Pusat Kegiatan Guru (PKG), Komplek Sukamenak Indah Kecamatan Margahayu, Senin (18/9/2023).

Dari FTBI tingkat Kecamatatan Margahayu terjaring para juara yagng bakal bertanding di tingkat Kabupaten Bandung. Juars ke 1 Lomba Biantara Basa Sunda Muhammad Arkan Putra Hanapi dari SDN Sukamenak 03, Juar ke 1 Lomba Pupuh Khaira Sakafara Pramudita ti SDN Nataendah 01, Pinunjul ka 1 Lomba Sajak Sunda Yasmin Khumairah dari SDN Sukamenak 03, Juara ke 1 Lomba Ngadongeng Sunda Yuliana Rahmadani dari SDN Pasawahan 01, Juara 1lomba Borangan (Ngabodor Sorangan) Khoirul Fathurrohman dari SDN Nataendah 01,jauara lomba Macadan Nulis Aksara Sunda M. Faras dari SDN Sukamenak 02, dan Pinunjul Lomba Nulis Carpon Sifa Ratih Azahra ti SDN TKI.

Selain itu, Endang Rosidi, sembilan pantia FTBI Kecamatan Margahayu yang juga Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Margahayu, Yayan Taryana, S. Pd miharep kontingèn dsri Margahayu bisa berprestasi di tingkat Kabupaten Bandung.

“Walaupun jadi juara bukan hal utama, ini sekedar partisipasi ikut andil dalam menjunjung budaya Sunda dari sejak kecil. Tapi telantu, bakal lebih semangat anak-anak kalau orang tuanya pinunjul, ” ceuk Yayan.

Ada sekitar 11 orang panitia yang ikut aub dilam FTBI tingkat Kecamatan Margahayu, optimistis ada peserta yang menonjol di antarana peserta Lomba Sajak Sunda . Disambut dienyakeun ku 6 urang panitia nu keur ngariung harita. Iwal ti Endang Rosidi , S.Pd.I aya ogè H. Asep Hidayat, S. I, Eti Komarasari, S. Pd, Yayan Taryana, S. Pd., Pupu Pujjasari, S.Pd., jeung Sumarna, S.Pd.*** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI