Senin, 15 Juli 2024
BerandadeEdukasiYasmin Khumairah Juara 1 Maca Sajak Sunda FTBI Tingkat Kecamatan Margahayu

Yasmin Khumairah Juara 1 Maca Sajak Sunda FTBI Tingkat Kecamatan Margahayu

Dejurnal.com, Bandung – Yasmin Khumairah nama murid kelas 1 SDN Sukamenak 03 Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. Ia jadi piungul lomba Maca Sajak Sunda dalam Festival Tuinas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat Kecamatan Margahayu yang digelar tanggal 4 September 2023.

Di Kecamatan Margahayu ada 36 SD, dina FTBI ada 7 mata lomba, namun tidak semua
mata lomba diikuti oleh setiap sekolah. Paling banyak yang dikuti yakni lomba Maca Sajak, yakni 20 uorang peserta. Sedangkan paling sedikit peserta lomba Nulis jeung Maca Aksara Sunda, hanya dikuti 3 orang peserta.

Dari 20 peserta lomba Maca Sajak Sunda, para panitia yang menyaksilan memprediksi Yasmin Khumairah yang diperhitungakb unggul. Selain bagus dalan penghayatan, juga ia tampil tidak membaea teks, alias sajak yang dibawakanya hapal diluar kepala. Betul saja, tidak meleset dengan keputusan dewan juri, putri tunggal kelurga Arif Suryadi dengan Ayu yang lahir di Bandung, 20 April 2015 ini menjadi juars ke 1.

” Alhamdulillah denhan bimbingan kami, dan guru di sini, Yasmin bisa jadi juaral pertama Maca Sajak FTBI tingkat Kecamatan Margahayu. Mudah-mudahan nanti di FTBI tingkat Kabupaten Bandung berprestasi lagi, ” kata Kepala SDN Sukamenak 03 Tuti Herawati, M. Pd di kantornya, Senin (18/9/2023).

Harapan Tuti tidak kepada Yasmin yang bisa berprestasi di FTBI Kabupaten Bandung, tapi juga ke Muhammad Arkan Putra Hanapi yang jadi juara pertama lomba Biantara Basa Sunda.

Kata Tuti, SDN Sukamenak 03 mengiriimkan peserta 5 mata lomba di FTBI tingkat Kecamatan. ” Yang dapat 4 mata lomba, juara pertama Maca Sajak Sunda dan lomba Biantara Basa Sunda. Sedangkan lomba Pupuh dan lomba Borangan (ngabodor sorangan) hanya juara 3. “Tentu yang maju ke tingkat Kabupaten hanya yang juara pertama. Nanti kalau waktunya sudah diputiskan kapan, akan dibina lagi, ” kata Tuti Herawati.*** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI