Minggu, 5 Mei 2024
BerandadeEdukasiYuliana dari SDN Pasawahan 01 Margahayu Juara Ngadongeng Sunda FTBI

Yuliana dari SDN Pasawahan 01 Margahayu Juara Ngadongeng Sunda FTBI

Dejurnal.com, Bandung – Yuliana Rahmadani jadi Juara ke 1 Lomba Ngadongeng Sunda Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat Kecamatan Margahayu. Dengan demikian, murid kelas 5 SDN Pasawahan 01 ini bakal mewakiki kecamatan tersebut di ajang TBI tingkat Kabupaten Bandung yang rencananya bakal delaksanakan pertengahan bulan Oktober 2023.

Yusuf Ali Rochman wali kelas 5 SDN Pasawahan 01 yang membimbing Yuliana Rahmadani saat persiapan lomba mengaku, memilih cerita Situ Bagendit materi dongeng yang disediakan panitia di antara dongeng lainnya seperti Lutung Kasarung, dan Sangkuriang.

“Saya pilihkan Situ Bagendit karena tidak banyak tokoh yang diperankan. Yuliana pun bisa membawakan dongeng itu, saya kasih arahan mendalaminya, ” kata Yusuf.

Orang tua Yiana Ade Endang dan Nanih, juga dilibatka dalam membimbing putri kedua dari dua anak mereka. Sehingga hasilnya, dari 37 SDN di Kecamatan Margahayu, yang mengikutsertalan pada lomba Ngadongeng Sunda 17 orang, Yulaina bisa menonjol dari ke 17 peserta itu.

Kepala SDN Pasawahan 01 Minarliah berharap Yuliana Rahmadani meraih hasil baik di FTBI tingkat Kabupaten Bandung. Ia selalu mensuport Yuliana dari latiha hingga ikut lomba.

Minarliah mengaku, dari 7 mata lomba FTBI hanya mengirimkan 1 peserta Yuliana. ” Sebemarnya siswa di SDN Pasawahan 01 ada beberapa murid yang punya bakat baca sajak, atau ngabodor. Tapi ketika diseriuskan untuk ikut lomba tidak mau. Yuliana ini multi talenta. Ia bisa baca sajak, pernah juara Pildacil dalam Lomba PAI. Makanya hanya dia yang didaftarkan, dan memilih Lomba Ngadongeng, ” terang Minarliah.

Meski Minarliah tidak menuntut kepada Yuliana untuk juara, tetapi menyemangati apa pun hasilnya tetap dari hasil usaha latihan giat, namun ia berjanji jika Yuliana menjadi juara di Kabupaten Bandung pihak sekolah akan memberi hadiah. *** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI