Minggu, 5 Mei 2024
BerandadeEdukasiDisdik Sukabumi Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Pengelolan PKBM

Disdik Sukabumi Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Pengelolan PKBM

Dejurnal.com, Sukabumi – Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan lembaga non formal Kabupaten Sukabumi, di Aula Grand Inna Samudra Beach Hotel Palabuhanratu, Sabtu (25/11/2023).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Eka Nandang Nugraha melalui Subkor Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bidang Pendidikan Non Formal (PNF) dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Hamdani, mengatakan, bahwa kegiatan ini diselenggarakan secara mandiri berdasarkan kebutuhan PKBM terkait pengelolaan lembaga pendidikan non formal.

Adapun kegiatan ini dihadiri oleh Kepala PKBM dan operator se-Kabupaten Sukabumi sebagai peserta Bimtek, dengan menghadirkan narasumber dari unsur Dinas Pendidikan, Inspektorat, dan Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Sukabumi.

“Acara ini digagas IPI (Ikatan Penilik Indonesia) Kabupaten Sukabumi, sebagai tanggungjawab melekat, yang tupoksinya memberikan pembinaan kepada lembaga non formal,” ungkap Hamdani kepada Dejurnal.com melalui pesan WhatsApp, Sabtu (25/11/2023).

Lanjutnya, agenda utamanya adalah untuk menyusun Perencanaan Berbasis Data (PBD), Anggaran Sekolah (ARKAS) 4.0, dan manajemen tata kelola kelembaga.

“Kadisdik sangat mengapresiasi terhadap keinginan kuat dan semangat membesarkan lembaga PKBM, yang membawa pendidikan kesetaraan bermartabat,” ujarnya.

Plt Kepala Sekolah Sekolah Pendidikan Non Formal- Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF- SKB) Kabupaten Sukabumi itu mengatakan juga menyampaikan, tanggapan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Kusyairin, bahwa PKBM adalah lembaga pendidikan non formal yang harus di manej secara profesional

Kedepannya PKBM akan diberi anggaran khusus oleh Dinas Penddikan Kabupaten Sukabumi untuk peningkatan kompetensi para guru di PKBM,” tutur Hamdani, menyampaikan penjelasan Sekdis Kusyairin.

“Sementara itu Kabid PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Hj. Elis Saja’ah, menjelaskan materi terkait dengan Arkas 4.0 yang di dalamnya membahas pengelolaan keuangan Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP),” tandasnya.***Aldy

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI