Selasa, 17 September 2024
BerandadeBisnisUpaya Kendalikan inflasi, Pemkab Bandung Gelar Operasi Pasar Beras Murah

Upaya Kendalikan inflasi, Pemkab Bandung Gelar Operasi Pasar Beras Murah

Dejurnal.com, Bandung – Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) menggelar Operasi Pasar (OP) beras medium di 31 kecamatan se Kabupatem Bandung.

Kepala Disdagin Kabupaten Bandung, Dicky Anugerah mengatakan OP beras medium ini dalam upaya pengendalian inflasi daerah serta membantu masyarakat memperoleh beras murah.

Saat ini, lanjut Dicky harga beras mengalami kenaikan, rata-rata di kisaran Rp 13.000- Rp 14.000/ kg. Sedangkan dalam OP beras medium masarakat dapat membeli beras berkualitas dengan harga lebih rendah dari harga pasar. Untuk 5 kilogram beras, masyarakat dapat membelinya dengan harga Rp 51.000, atau hanya Rp 10.200 per kilogram.

“Melihat tingginya harga beras di pasaran, Bapak Bupati Dadang Supriatna segera mengambil langkah cepat dengan menugaskan Disdagin untuk segera melakukan operasi pasar tersebut bekerjasama dengan Bulog Cabang Bandung dan Bank Indonesia,” kata Dicky saat ditemui di sela operasi pasar, Kamis (2/11/2023).

Pelaksanaan operasi pasar beras medium tersebut diperuntukkan bagi 44 ribu keluarga penerima manfaat (KPM) di 31 kecamatan yang dibagi ke dalam tujuh daerah pembangunan (DP).

Titik pendistribusiannya antara lain, untuk DP 1 di Kecamatan Kutawaringin, DP 2 di Kecamatan Katapang, DP 3 di Kecamatan Cileunyi, DP 4 di Kecamatan Cicalengka, DP 5 di Kecamatan Solokanjeruk, DP 6 di Kecamatan Ciparay dan DP 7 di Kecamatan Banjaran.

“Dengan dilaksanakan giat operasi pasar ini, alhamdulilah kalau melihat data inflasi kita sudah turun di kisaran 3.20%. Semoga ke depan angka inflasi ini terus turun di Kabupaten Bandung,” ungkap Dadang Supriatna.*** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI