Selasa, 23 April 2024
BerandadeHumanitiKalamManaqiban di Pesantren Hidayatul Hikmah Kabupate Bandung Sampai Ada Jama'ah dari Kalimantan

Manaqiban di Pesantren Hidayatul Hikmah Kabupate Bandung Sampai Ada Jama’ah dari Kalimantan

Dejurnal.com, Bandung – Setiap tanggal 11 di tahun Hijraah, Pasantren Hidayatul Hikmah Desa Gajah Mekar, Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung rutim mengadakan manaqiban.

Seperti halnya, tanggal 11 Jumaditsani Tsaniyah 1445 Hijriyah, bertepatan hari Minggu, 24 Desenber 2023 , ratusan jama’ah dari berbagai pelosok mendatangi Pesanten Hidayatul Hikmah untuk manaqiban.

Pengasuh Pesantren Hidayatul Hikmah KH. Asep Hadimi (Mang Abah) mengatakan, acara ini sudah eutin diadakan. Tak hanya diikuti jamaah dari dekat tapi dari luar daerah pun banyak.

“Ratusaan jama’ah dari berbagai daerah. Ti Banten, Bogor, Cianjur , Jakarta, Tangerang, Serang, , bahkan dari Kalimabtan juga ada. Solahkan saya menyambut dengan baik, siapa pun yanh mai bersoa di sini, ” kata Abah Amang di Pasantren Hidayatul Hikmah, Minnggu 24 Desemner 2023.

Manaqiban itu, dimulai sejak Ashar, diiso oleh tausiah dari ustad yang di setiap manakiban juga berganbti- gantii. Satutas tausiah tuluy solawatan, tepi ka Magrib. Laju acara pokok manqiban, nyaèta kegiatan maca silsilah Abdul Qodir al-Jailalani, seorang wali dari Iran legendaris di Indonesia.

Di Pesantrèn Hidayatul Hilmak ditambah dengan manaqib kepada leluhut wewengkon Gajah Eretan, yaitu Eyang Dalem Gajah, Eyang Bilal, dan leluhur karuhun sepuh Amang Abah.

Selesai manaqib, sebelum bubar ada makan-makan dan pemberian santunan. “Magrib sekarang ada sekitar 70 keluarga yang tidak mampu dengan anak yatim yang akan diberi santuban,” pungkasnya.***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI