Selasa, 17 September 2024
BerandadeEdukasiPrestasi Siswa Madrasah Al-Haq Sampai Tingkat Internasional, Hari Ini Digelar Tampilan Ektrakurikuler

Prestasi Siswa Madrasah Al-Haq Sampai Tingkat Internasional, Hari Ini Digelar Tampilan Ektrakurikuler

Dejurnal.com, Bandung – Madrasastah Al-Haq Margahayu menggelar acara Penampilan Ekstrakurikeler MI dan MTs di Aula Madrasah Al-Haq, Jalan Manglid, Desa Margahayu Selatan Kecanatan Marhahayu Kabupaten Bandung, 15-16 Desember 2023.

Kepala MTs Al-Haq Margahayu Dra. Hj. Yeni Siti Ruba’ah mengatakan, acara ini diadakan untuk menampilkan karya ekstrakurikuler.
” Selama ini kalau pembagian rapot , orang tua siswa tu hanya melihat nilai tertulis saja . Nah, untuk sekatang itu mereka melihat tampilan anak-anak ini, ” kata Yeni Siti Ruba’ah di sela acara, Sabtu 16 Desember 2023.

Yeni menyebut, sekitar 15 ekskul yang ditampilkan baik online maupun ofline.: ” “Yang online kita melalui vedio, di anatranya ada basket, bulu tangkis, panahan, dan futsal. Karena kegiatan itu di adakan di luar sekolah. Sedangkan yang langsung ditampilkan seperti kreasi seni tari dan hafidz Qur’an, ” kayanya.

Pembagian raport dengan menampilkan kreasi Ekstrakurikuler baru kali in digelar Madrasah Al-haq yang menyelenggarakan jenjang pendidikan dari Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), dan MadrasahbTsanawiyah (MI) ini. Yeni berharap setiap tahun diadakan penampilan seperti ini.

“Kan sekarang ada intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, dan untuk tahun sekarang ada P5 (Proyek Profil Penguatan Pelajar Pancasila): dan RA( Rahmatan Alalamij) di Kurikulum Merdeka kelas 7. Yang ekstrajurikulernya ini tamplian bahwa sesungguhnya kita menilai itu akademis dan minatnya, ” terang Yeni.

Acara tersebut, kata Yeni penampilan para siswa hasil dari mengikuti ektrakurikuler untuk mengembangkan diri terhadap minat dan bakat siswa.

“Alhamdulillah di ekstrakurikiler ini kita banyak meraih prestasi baik nasional, bahkan internasional. Tari, pencak silat. Bahkan kemarin Taikwondo kita memberanhatkan 23 orang atlet ke tingkat nasional. Kita mendapatkan medali emas, perak dan perunggu, ” kata Yeni.

Capaian ni menurut Yeni karena penanganan dari guru dan pelatih yang bersetifikat, “Sehingga seluruh potensi yang dimiliki anak, baik secara akademis maupun nonakademis betul – betul menjadi sangat luar biasa, sehingga potensi-potensi anak itu muncul, ” katanya.

Begitu juga, sambung Yeni program kurikulum yayasan. Madrasah Al-Haq mencoba untuk melahirkan anak yamg muncul talenta- talenta tilawahnya, atau membaca Qur’annya.

Untuk tahfidz Qur’an, Yeni mengaku pihaknya bekerja sama dengan metode Ummi . Yeni mengaku bangga karena dengan kerja sama itu telah melahirkan siswa-siswi hafid yang luar biasa.”Mereka berani mengimami solat dengan kepercayaan diri yang luar hiasa karena bacaan -bacaan qurannya tartil, tertib dan sangat ikhsan atau tahsinya luar biasa.: Ini barangkali progres bagus bagaimana mereka bisa mulai berkarya di tengah- tengah masyarakat, ”

Prestasi yang diraih oleh kakak kelas tahun kemarin, kata Yeni cukup banyak. “Dari 69 orang yang daftar ke sekolah lanjutnan atas negeri 60 orang diterima. Jadi sekita 90 persen diteriama di sekolah yang mereka inginkan, ” katanya .

Jumlah totak siswa MTs Al-Haq ada 240 siswa. Yeni berharap lulusan Madrasah Al-Haq tetap di kolidor, awal masuk.”Kita punya visi menghantarkan mereka ke generasi soleh – solehah, ahlaqul karimah dan prestasinya luar biasa. Kita berharap anak-anak terus terbina oleh orang tuanya dan tidak salah memilih tempat sekolah lanjutan, sehingga benar-benar apa yang telah kami berikan berkelanjutan dan melahirkan anak bangas yang bemar-benar bermanfaat, ” katanya.

Untuk menjawab keinginan orang tua siswa dengan pendidikan yang berkesinambungan,
aku Yeni, pihaknya mencoba menambah beberapa lokasi di Katapang dan Soreang, dan sekoalah lanjutannya Aliyah akan dimeplanning ke depan.*** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI